Dolar AS Menguat, Harga Minyak Mentah Turun 3 Persen



( 2016-06-28 03:50:45 )

Pada akhir perdagangan Senin di AS, harga minyak mentah teramati turun sekitar 3 persen, tertekan oleh penguatan dolar AS dan pasca Inggris meninggalkan Uni Eropa. Dolar AS yang naik hampir 1 persen, dekat tertinggi 3 bulan yang dicapai pada Jumat, mencetak minyak dan komoditas lainnya dalam dolar AS kurang memikat bagi pemegang euro dan mata uang mayor lainnya.

Harga minyak mentah berjangka AS berakhir di $ 46,33, turun $ 1,31 atau 2,75 persen. Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan pada $ 47,53, turun $ 0,88 atau 1,82 persen. Minyak mentah berjangka Brent dan AS telah kehilangan sekitar 7 persen sejak penutupan Kamis setelah kecemasan Brexit membuat aset risiko global jatuh pada hari Jumat karena investor melarikan diri ke safe haven seperti dolar, Treasuries AS dan emas.

Analis di Goldman Sachs dan perusahaan riset lainnya berupaya untuk mengurangi kecemasan atas pengaruh dari krisis Uni Eropa khusus pada minyak, memperlihatkan bahwa permintaan Inggris untuk bahan bakar diabaikan di tingkat global. Harga minyak mentah naik tipis pada Senin pagi pada beberapa sentimen itu, sebelum tergelincir lagi. Berita intelijen pasar perusahaan Genscape untuk hasil penarikan lebih dari 1,3 juta barel pada Cushing, Oklahoma, titik pengiriman minyak mentah berjangka AS memberikan sedikit dukungan.

Goldman Sachs menerangkan bahkan jika pertumbuhan ekonomi Inggris mengalami penurunan 2 persen dalam menanggapi Brexit – di ujung yang tinggi dari estimasi – permintaan minyak Inggris kemungkinan akan dikurangi dengan hanya 1 persen, atau 16.000 barel per hari, atau 0.016 persen permintaan global “Ini sangat kecil pada ukuran apa pun,” terang analis Goldman Sachs dalam sebuah catatan.

Morgan Stanley menyatakan lebih peduli tentang kekenyangan yang tumbuh di produk minyak sulingan. “Untuk minyak jangka dekat, kita tetap paling prihatin akan kelebihan pasokan produk, permintaan Tiongkok, prospek makro, dan kemungkinan kembalinya produksi,” katanya dalam sebuah catatan. Penyuling Tiongkok telah mengenyangkan produk minyak Asia dengan mengekspor rekor jumlah bensin dan solar untuk pasar regional, mengikis margin keuntungan kilang dan pembengkakan penyimpanan.

Diperkirakan harga minyak mentah berpotensi bergerak turun dengan potensi penguatan dollar AS setelah keputusan Brexit. Harga akan menembus kisaran Support $ 45,80 - $ 45,30, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 46,80 – $ 49,30.