Bank Indonesia (BI) Siap Luncurkan Desain Uang Baru



( 2016-08-15 17:47:47 )

Bank Indonesia (BI) Siap meluncurkan desain baru uang rupiah baik kertas maupun uang koin. Desain baru uang rupiah ini diharapkan keluar akhir tahun 2016.
Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan pada uang koin nanti akan muncul sosok pahlawan nasional. Hal ini tidak sama dengan desain uang koin sebelumnya.
"Pada uang koin akan berubah jadi gambar pahlawan nasional selama ini bukan pahlawan," tutur Ronald, di Batam, seperti ditulis Senin (15/8/2016).
Ia mengatakan, desain baru uang rupiah itu nantinya akan bertuliskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain bertuliskan NKRI, desain uang kertas tersebut tetap akan menonjolkan sosok pahlawan daerah. Pahlawan yang akan dipilih nantinya akan dikoordinasikan ke Kementerian Sosial (Kemensos).
"Sebelumnya, frasanya Indonesia dirubah menjadi NKRI. Penandatanganannya juga berbeda, awalnya internal sekarang ditandatangani Gubernur Bank Indonesia. Untuk nama-nama pahlawan ditentukan dari Kemensos, dengan pertimbangan ada unsur kedaerahan, perempuan atau laki-laki," tutur dia.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menetapkan gambar pahlawan yang nantinya akan dipilih dalam desain uang yang baru. Setelah mendapat persetujuan baru akan dicetak dalam jumlah banyak.
Terkait nominal, Ronald mengungkapkan masih sama dengan nilai nominal uang yang sudah dicetak. BI menargetkan uang baru itu dapat dikeluarkan akhir 2016 ini. "Tidak berubah. Masih berupa pecahan Rp 100 ribu, Rp 50 ribu dan seterusnya. Kita akan rilis uang NKRI pada akhir tahun ini," ujar dia.