SBY Minta Ruhut Juga Komunikasi dengan Cagub Lain dalam Pilkada DKI



( 2016-08-26 02:22:21 )

Politikus di Partai Demokrat Ruhut Sitompul turut hadir dalam peresmian Rumah Lembang, Kamis malam (25.08.2016). Meski datang terlambat, Ruhut mengatakan kehadirannya merupakan bentuk keyakinan bahwa Ahok akan menang.
Partai Demokrat sendiri hingga saat ini belum mengambil sikap dalam Pilkada DKI. Ruhut mengaku ia sudah bicara kepada Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono soal dukungannya ke Ahok.

"Aku lapor ke Pak SBY, 'Pak, saya selalu bersama Ahok.' (SBY menjawab) 'Oh iya bagus. Tapi kamu juga buka komunikasi dengan calon lain'," kata Ruhut.

Ruhut mengatakan SBY sudah mengetahui bahwa sikap pribadi Ruhut adalah mendukung Ahok. SBY meminta para kadernya untuk sabar karena masih dalam proses pertimbangan.

Dewan Perwakilan Daerah Jakarta Partai Demokrat sendiri cenderung mendukung Sandiaga Uno dengan bergabung ke "Koalisi Kekeluargaan". Ketua DPD Nachrowi Ramli mengatakan ia akan berjuang untuk Partai Demokrat mendukung Sandiaga.

"Saya rasa bicara koalisi itu harus di pusat. Karena mengarah pada Undang-Undang Partai Politik, izin partai itu kepada DPP," ujarnya.

Ruhut diketahui baru saja dinonaktifkan sebagai Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat. Diduga, penyebabnya karena Ruhut kerap melontarkan pernyataan dan sikap berbeda dengan yang ditetapkan partainya. Namun ia tetap teguh pada pendiriannya untuk mempertahankan sikap pribadinya yang berbeda dari partai.

"Tapi kalau aku, pilih Ahok. Apapun konsekuensinya saya Ahok. Enggak usah khawatir lah," kata Ruhut.