BI Prediksi Agustus Alami Deflasi 0,04%



( 2016-08-26 13:34:12 )

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengatakan, hingga pekan ke empat Agustus 2016, inflasi Indonesia masih terjaga dengan baik. Diprediksikan hingga pekan terakhir tercatat masih deflasi 0,04%.

Angka ini termasuk rendah dan pihaknya berharap inflasi keseluruhan tidak akan tinggi. Meski begitu, Agus belum bisa memberikan bocoran penyebab deflasi, karena BI belum melihat datanya secara keseluruhan dari Badan Pusan Statistik (BPS).

Masih deflasi 0,04% sampai pekan ke empat ini. Saya belum bisa sebut faktor apa karena datanya saya belum lihat dari BPS, ucap Agus di Jakarta, Jumat (27/8/2016).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Juda Agung menyatakn , BI melihat inflasi Agustus akan relatif lebih rendah dari sebelum-sebelumnya. Jika prediksinya sudah sampai pekan ketiga dan keempat, itu akan mendekati gambaran full month-nya secara keseluruhan.

Biasanya kalau sampai minggu ketiga sudah mendekati apa gambaran full month-nya. Mungkin tidak jauh dari situ, ucap Juda.

Menurutnya, jika tidak ada kejadi an yang mempengaruhi ekonomi, maka kemungkinan inflasi akan rendah. Tidak seperti bulan sebelumnya yang inflasinya agak tinggi lantaran terdapat puasa dan Idul Fitri di mana beberapa komponen harga untuk komoditi mengalami kenaikan.

Kalau tidak ada shock lagi ya saya kira tidak akan jauh dari angka itu. Kalaupun inflasi ya mungkin akan rendah karena pasca lebaran. September kemungkinan juga akan rendah, seasonnya kan begitu, tutupnya