Ekonomi Tiongkok Akan Mengalami Kesulitan Untuk Kembali Baik Tahun Ini



( 2016-09-21 05:57:54 )

Kegagalan Tiongkok dalam membatasi kemajuan harga rumah yang diperbantukan oleh kredit rumah sebagai spekulasi dari kebijakan penyempitan moneter, ditambah dengan kemungkinan perlambatan pertumbuhan aset Bank akan mengganggu usaha Ekonomi Tiongkok untuk rebound pada semester kedua tahun ini. Ekonomi Tiongkok diperkirakan lebih baik dari bulan Agustus dengan pertumbuhan produksi industri, penjualan ritel, dan investasi aset tetap semua mengalahkan perkiraan konsensus dan sebagian besar melampaui tingkat pertumbuhan yang tercatat pada bulan Juli, sementara inflasi masih diredam membuat kesempatan untuk pelonggaran lebih lanjut.

Mungkin yang paling penting adalah harga properti Tiongkok, yang meningkat untuk rumah hunian baru, rata-rata, di 64 dari 70 kota pada bulan Agustus. Tentu saja ukuran terluas kredit, atau total pembiayaan sosial naik kuat dari Juli, di CNY 1.5tn (versus Consensus ‘CNY 0.9tn), peningkatan lebih dari 3 kali lipat m / m dan + 35,4% y / y, sedangkan penerbitan utang pemerintah daerah (tidak termasuk dalam TSF) meningkat sebesar CNY 0.8tn, sehingga total YTD untuk CNY 4.8tn, dibandingkan CNY 3.8tn dan CNY 0.4tn dikeluarkan msing-masing di 2015 dan 2014, dan fasilitas pinjaman jangka menengah PBOC naik tipis menjadi CNY 3.0tn, dibandingkan CNY 0.4tn dalam semua tahun 2015, menemukan bukti bahwa mereka yang berkuasa di Tiongkok lebih suka menggunakan kredit murah untuk memproduksi pertumbuhan.

Akan tetapi, ketika mempertimbangkan pertumbuhan kredit untuk rumah tangga (didominasi oleh KPR) meningkat sebesar CNY 3.6tn di YTD 2016 (melalui Agustus), dibandingkan CNY 1.9tn dalam periode YTD 2015 yang sama, atau + 90,4% y / y, dibandingkan pinjaman untuk korporat, yang meningkat CNY 4.6tn, dibandingkan CNY 5.4tn di YTD 2015, + 10,4% y / y , dan menemukan sedikit bukti dari setiap kenaikan bahan dalam indikator ekonomi tersier Tiongkok, melampaui real estate (yaitu, keluaran semen, lalu lintas kereta api, permintaan minyak dan permintaan baja jelas semua tren lebih rendah ), pertumbuhan kredit tahun ini sebagian besar disalurkan ke sektor properti di negara itu. Kontras dengan pandangan konsensus yang diterima secara luas saat ini, data ini menunjukkan pasar properti, tidak stimulus pemerintah, memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan PDB di semester 1 2016.

Namun, dengan tanda-tanda pendinginan aktivitas real estate muncul sejak April di pembelian tanah, sudah terlihat tanda-tanda bahwa ketersediaan kredit naik; dan seperti membeli pembatasan menjadi lebih umum (misalnya, kontrol hipotek, pembayaran yang lebih tinggi ke bawah, dan persyaratan residensi), kita melihat perlambatan ini memperdalam di semeseter 2 2016. Terlebih lagi, aset bank China telah tumbuh CNY 18.4tn YTD (melalui Juli), melampaui pertumbuhan deposito, 37,1% dari yang berasal dari klaim pada lembaga keuangan non-bank (yaitu , piutang pinjaman untuk produk wealth management [ “WMP”). Mengingat risiko WMP ini menimbulkan ke sistem perbankan dan tindakan keras pemerintah terhadap proliferasi mereka (yaitu, juga bentuk pengetatan), pertumbuhan aset perbankan diperkirakan melambat tajam.