Indeks Harga Konsumen Singapura Bulan Agustus Menurun



( 2016-09-23 09:19:05 )

Harga konsumen Singapura pada bulan Agustus menurun pada 22 bulan berturut-turut dibandingkan dengan tahun sebelumnya, meskipun tingkat penurunan mereda dari beberapa bulan terakhir.

Indeks harga konsumen (IHK), ukuran inflasi, merosot 0,3 persen bulan lalu dibandingkan dengan penurunan 0,7 persen pada bulan Juli, menurut data dari Departemen Statistik yang dirilis pada hari Jumat (23/09). Hasil tersebut merupakan kemerosotan terkecil dari tahun ke tahun di CPI sejak Juni 2015, ketika CPI juga turun 0,3 persen. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan CPI bulan Agustus menurun sebesar 0,4 persen.

Inflasi inti, yang mengeluarkan biaya akomodasi dan transportasi jalan pribadi untuk lebih mengukur biaya sehari-hari, berdetak naik 1 persen, tidak berubah dari bulan Juli, sebagai inflasi layanan yang lebih tinggi mengimbangi peningkatan lebih sederhana dalam harga pangan. Ini adalah sedikit lebih rendah dari kenaikan 1,1 persen yang diperkirakan oleh analis.

Singapura mengalami inflasi negatif terpanjang sejak tahun 1977. Pembacaan CPI telah jatuh secara tahunan sejak November 2014, tertekan harga minyak global yang lebih rendah serta jatuhnya biaya sewa perumahan dan transportasi pribadi. Tapi inflasi inti diperkirakan untuk naik secara bertahap selama tahunan. “Namun, laju kenaikan akan tertahan oleh prospek harga eksternal lemah, turunnya prospek pertumbuhan ekonomi, dan pengurangan pasar tenaga kerja,” jelas Monetary Authority of Singapore and Ministry of Trade and Industry mengatakan dalam penyertaan laporan secara serempak pada Jumat.

Mereka memprediksi bahwa semua item CPI mencapai dasar pada kuartal kedua tahun ini dan akan meningkat dalam beberapa bulan yang akan datang. Untuk inflasi inti, pemerintah memperkirakan ini rata-rata sekitar 1 persen tahun ini.

Pada bulan Agustus, biaya transportasi jalan swasta menurun sebesar 0,7 persen tahun-ke-tahun, dibandingkan dengan 4,4 persen jatuh pada bulan Juli. Hal ini disebabkan berakhirnya satu tahun pajak jalan rabat untuk kendaraan bensin. Akomodasi murah turun 3,6 persen, sama dengan bulan Juli, yang mencerminkan kelembutan lanjutan di pasar sewa perumahan. Tapi harga di tempat lain dalam perekonomian terus di tepi atas, kecuali untuk pakaian dan alas kaki biaya yang turun 1,9 persen.

Inflasi jasa naik sedikit 1,7 persen, dari 1,6 persen pada bulan Juli. transportasi biaya jalan umum meningkat 0,9 persen, dibandingkan dengan penurunan 0,8 persen pada bulan Juli, mengingat basis rendah pada bulan Agustus tahun lalu.

Sebagai perbandingan, harga layanan pendidikan naik pada laju yang lebih lambat, mencerminkan peningkatan yang lebih moderat di biaya universitas dibandingkan tahun lalu. Inflasi makanan sedikit menurun menjadi 2 persen pada Agustus, dari 2,1 persen pada bulan Juli. Hal ini disebabkan peningkatan kecil dalam biaya makanan yang tidak dimasak yang lebih dari mengimbangi kuat kenaikan dalam harga makanan restoran.