Belanja Konsumen Agustus AS Turun Terendah 5 Bulan, The Fed Kesulitan Menaikkan Suku Bunga



( 2016-10-03 05:48:39 )

Pada bulan Agustus belanja konsumen AS mengalami penurunan, kemerosotan ini merupakan terendah dalam 5 bulan sementara inflasi memperlihatkan sinyal percepatan, sinyal campuran yang bisa membuat Federal Reserve berhati-hati untuk meningkatkan suku bunga.

Berdasarkan survei dari Reuters diperkirakan alami peningkatan sebesar 0,1 persen. Departemen Perdagangan AS mengatakan pada hari Jumat bahwa belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua-pertiga dari kegiatan ekonomi AS, turun 0,1 persen bulan lalu setelah memperhitungkan inflasi.

Ketua Fed Janet Yellen mengatakan pekan lalu ia memperkirakan bank sentral AS akan menaikkan suku sekali akhir tahun ini untuk menjaga ekonomi dari tekanan. Berdasarkan CME Group, harga berjangka Fed memberikan saran pada investor melihat hampir tidak ada kesempatan mendaki pada pertemuan kebijakan Fed berikutnya pada awal November dan bahkan kemungkinan peningkatan pada pertemuan pertengahan Desember.

Belanja konsumen, yang telah kuat dalam beberapa bulan terakhir, sebagian diimbangi hambatan dari investasi bisnis yang lemah dan persediaan jatuh pada kuartal kedua ketika ekonomi tumbuh pada tingkat tahunan lemah 1,4 persen. Para ekonom mengatakan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan masih bisa dipercepat dalam kuartal saat ini bahkan dengan sedikit penurunan Agustus di belanja konsumen.

Fed Atlanta mengatakan pertumbuhan muncul di jalur untuk mempercepat ke tingkat tahunan 2,4 persen pada kuartal ketiga, menurut model peramalan GDPNow diawasi ketat nya. Ini telah memperkirakan pertumbuhan 2,8 persen untuk periode awal pekan ini. Sebuah pengetatan pasar tenaga kerja tampaknya akan mendorong upah dan bisa menyulut tingkat yang lebih tinggi dari pengeluaran di masa depan. Pendapatan pribadi naik 0,2 persen pada Agustus, sesuai dengan harapan.

Harga konsumen juga naik sekitar sebanyak yang diharapkan pada bulan Agustus, dengan indeks harga tidak termasuk makanan dan energi meningkat 0,2 persen dari bulan sebelumnya. Bahwa inflasi termasuk makanan dan energi sebesar 1,7 persen dalam 12 bulan hingga Agustus, naik sepersepuluh persentase poin dari bulan sebelumnya dan lebih dekat dengan target inflasi Fed 2 persen.