Perdagangan Harga Minyak Mentah Di Akhir Pekan Menurun Terpicu Oleh Aksi Profit Taking



( 2016-10-10 05:28:36 )

Di akhir pekan perdagangan hari Sabtu dinihari, harga minyak mentah mengalami penurunan melebihi sekitar 1 persen terdorong oleh gerakan profit taking sesudah harga minyak mentah rally hampir 15 persen pada satu minggu terakhir, yang merupakan tertinggi empat bulan di sela-sela harapan pemangkasan produksi minyak mentah OPEC.

Hal lain yang juga membebani pasar adalah kenaikan yang kuat dalam pengeboran minyak AS karena perdagangan harga di atau dekat $ 50 per barel. Sebuah laporan perusahaan jasa minyak Baker Hughes pada Jumat memperlihatkan pengebor AS meningkatkan kilang di 14 dari 15 minggu terakhir.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berakhir 63 sen atau 1,3 persen, ke $ 49,81 per barel. Sebelumnya ditutup di $ 50,44 per barel pada hari Kamis – penutupan pertama di atas $ 50 sejak akhir Juni. Harga minyak mentah berjangka Brent turun 65 sen atau 1,2 persen, $ 51,86, setelah menyentuh $ 52,84 sebelumnya, dua sen di bawah tertinggi 2016.

Walaupun mengalami kemerosotan, minyak Brent dan WTI tetap naik lebih dari 10 persen sejak Organisasi Negara Pengekspor Minyak delapan hari lalu merencanakan pemangkasan produksi pertama dalam delapan tahun. Hasil ini membuat minyak mentah secara mingguan masih positif pada 3,3 persen. Indeks dolar AS mencapai tertinggi dua bulan di awal hari sebelum mengurangi keuntungan pada data pekerjaan AS yang mengecewakan.

Sejak OPEC mengusulkan rencana pemotongan produksi di Algiers pada 28 September, yang katanya akan diresmikan pada pertemuan kebijakan di Wina pada bulan November, pejabat dari kelompok telah mempersiapkan pertemuan untuk menetapkan rincian. Pertama, para menteri energi OPEC bertemu pejabat Rusia untuk pembicaraan informal di Istanbul pada 09-13 Oktober.

OPEC berharap untuk membawa produksi ke 32500000-33000000 barel per hari, memotong sekitar 700.000 barel per hari dari kekenyangan global yang diperkirakan oleh analis di 1.000.000-1.500.000 barel per hari. Tetapi kecenderungan kelompok dengan memaksimalkan produksi membuat pasar waspada. Beberapa memperingatkan ini pada akhirnya dapat merugikan negara-negara anggota OPEC dengan memberikan dorongan untuk produsen lain. “Banyak produsen minyak serpih AS sekarang telah melakukan lindung nilai produksi mereka, yang kemungkinan akan mengerem kenaikan harga,” anaylst di Commerzbank mengatakan dalam sebuah catatan.

Dalam tanda kelebihan pasokan yang berkelanjutan, eksportir atas Arab Saudi memotong harga patokan minyak mentah ke Asia pekan ini, dan analis di JBC Energy memperingatkan ada “keterputusan tumbuh antara fisik dan keuangan pasar minyak” yang kemungkinan akan bertemu. Sementara Libya mengekspor tanker minyak pertama dari pelabuhan Zuetina sejak 2015, menambah pasokan global.

Sebuah analis memprediksikan pada harga minyak mentah berikutnya berpotensi melanjutkan gerakan profit taking. Akan tetapi pelemahan dollar AS dengan pelemahan data pekrjaan AS dapat membantu meningkatkan harga minyak.