Harga Minyak Naik Setelah OPEC Mencapai Konsensus



( 2016-11-01 07:36:34 )

Harga minyak mentah naik lebih tinggi dari posisi terendah sebulan belakangan. Si emas hitam dibuka lebih mahal pada perdagangan di Asia, Selasa (1/11/2016). Melansir Reuters, kenaikan harga minyak setelah OPEC menyepakati konsensus tentang pengelolaan produksi sebagai bagian dari strategi jangka panjang.

Konsensus tersebut membuat minyak mengambil keuntungan. Minyak berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) dibuka naik 9 sen menjadi USD46,95 per barel pada 00:08 GMT. Pada hari Senin kemarin, WTI anjlok hampir 4% ke posisi USD46,86 per barel.

Sedangkan minyak berjangka London Brent naik 24 sen pada USD48,85 per barel. Senin sebelumnya, Brent turun hampir 3%.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) menyetujui dokumen yang ditandatangani pada Senin, untuk strategi jangka panjang dalam mengontrol harga minyak. Yaitu sebuah konsensus tentang pengelolaan produksi.

Namun, pasar dan banyak kalangan pesimistis akan konsensus atau kesepakatan bersama (bersatunya) OPEC atas kemampuan mereka untuk mengontrol harga minyak.

Perwakilan OPEC akan bertemu pada Jumat, 4 November 2016 di Wina, Austria, dan sehari kemudian dengan rekan-rekan mereka dari produsen non-OPEC. Tujuannya untuk mencapai syarat tertentu. Meski demikian, beberapa sumber mengatakan Iran menyatakan enggan untuk membekukan output alias produksi.

Produksi minyak OPEC mencapai rekor tertinggi pada Oktober kemarin, meningkat menjadi 33.820.000 barel per hari, setelah Nigeria dan Libya meningkatkan produksi, sementara Irak meningkatkan produksinya untuk penjualan ke luar negeri.