Ucapan Selamat Jokowi untuk Trump



( 2016-11-10 06:11:33 )

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi ucapan selamat atas terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat. Menurut Jokowi, hasil dari pemilihan tersebut merupakan cerminan kehendak mayoritas rakyat AS.

"Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Terpilih Donald J Trump," tutur Jokowi pada keterangan tertulisnya, Rabu (9/11/2016) malam.

Jokowi yang sedang berada di Tangerang, Banten itu menuturkan, Indonesia siap untuk melanjutkan kerja sama yang saling menguntungkan dengan AS.

"Saya juga mengajak kepada Presiden Amerika Serikat terpilih untuk tetap melanjutkan kerja sama yang membangun perdamaian dan menciptakan kesejahteraan dunia," Pungkas Jokowi

Kemenangan Bersejarah

Kemenangan Donald Trump tersebut menjadi hal yang paling bersejarah, sebab baru kali ini presiden berhasil unggul hanya dalam electoral votes.

Kemenangan yang didapat melawan Hillary Clinton mengakhiri delapan tahun dominasi Partai Demokrat di Gedung Putih serta akan menghancurkan warisan Presiden Barack Obama.

Trump berjanji akan mengganti kebijakan kesehatan Obama, dan mengubah perjanjian nuklir dengan Iran serta perdagangan dengan Meksiko dan Kanada.

Partai Republik menghancurkan dinding Demokrat dengan unggul di negara bagian Pennsylvania dan Wisconsin, negara-negara yang tidak pernah memilih calon presiden Partai Republik sejak tahun 1800. Saat itu pertarungan antara Thomas Jefferson melawan John Adams.

Donald Trump menjadi presiden karena menang hampir di semua negara medan pertempuran kompetitif, dan tidak hanya itu, ia juga mengklaim Florida, Ohio, North Carolina dan lain-lain.