Menko Darmin Optimis Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,1 Persen



( 2016-11-10 06:15:48 )

Pemerintah merasa yakin pertumbuhan ekonomi hingga akhir 2016 mencapai 5,1 persen. Motor pertumbuhan ekonomi antara lain yaitu belanja pemerintah yang semakin meningkat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, tren yang ada sekarang ini pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV akan meningkat.

"Sekarang kita 5,04 persen kuartal III, kita yakin kuartal IV pertumbuhan ekonomi semakin tinggi. Karena dilihat dari track record kuartal IV memang selalu tinggi," ujar dia dalam Ekonomi Outlook Indonesia di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Memang, belanja pemerintah sempat melemah pada kuartal III. Hal tersebut disebabkan oleh pemangkasan anggaran pemerintah. Tetapi, dia bilang belanja pemerintah akan naik pada kuartal IV.

"Kelemahan terjadi di kuartal III pada pengeluaran pemerintah. Biasanya akhir tahun ngebut dia," tambahnya.

Kemudian, pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV mendapat dorongan dari produktivitas sektor pertanian. Darmin meneruskan, pada kuartal akhir tahun ini akan terjadi musim panen.

"Di sektor pertanian pada kuartal IV ada panen Oktober, November, Desember. Kita yakin bisa mencapai 5,2 sampai 5,3 persen pada (kuartal IV) dengan itu sepanjang tahun besarannya 5,1 persen, susah melampaui 5,1 persen," pungkas dia.