Harga Minyak Mentah Diperdagangkan Mixed Di Tengah Kebimbangan Irak dan Irak Dalam Pemotongan Produk



( 2016-11-23 05:04:11 )

Pada perdagangan volatile Rabu dini (23/11), harga minyak mentah diperdagangkan mixed di sela-sela keresahan Iran dan Irak belum siap untuk menyepakati pembekuan produksi OPEC setelah sebelumnya harga naik ke level tertinggi bulan ini dipicu laporan anggota kelompok OPEC telah mengatasi perselisihan internal mereka.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) berakhir turun 21 sen atau 0,44 persen, menjadi $ 48,03 per barel, turun dari sesi tinggi $ 49,20. Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent naik 25 sen pada $ 49,15 per barel, setelah sebelumnya naik $ 1 untuk $ 49,96.

Analis mengatakan pasar akan tetap sensitif terhadap komentar dari pejabat yang menghadiri pertemuan teknis dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak, yang mencoba untuk menuntaskan rincian kesepakatan sebelum pertemuan resmi pada 30 November. Setelah berminggu-minggu keraguan atas tekad 14-anggota kelompok OPEC, sebagian besar peserta pasar minyak sekarang percaya OPEC akan membahayakan reputasinya jika kesepakatan pemotongan produksi tidak terjadi minggu depan.

Harga minyak mentah Selasa awalnya naik didorong oleh komentar dari seorang pejabat Nigeria menghadiri pertemuan teknis OPEC bahwa hal itu mungkin semua negara akan setuju pada akhir hari. Tapi mereka merosot kembali ke wilayah negatif setelah sumber Reuters mengatakan kesepakatan OPEC untuk 4 sampai 4,5 persen penurunan produksi oleh semua anggota selain dari Libya dan Nigeria masih akan bergantung minggu depan pada dukungan dari Iran dan Irak. OPEC sedang mencoba untuk membawa anggotanya dan produser non-OPEC Rusia menyepakati pemotongan produksi untuk menopang pasar, yang mengalami tahun kekenyangan dalam persediaan, dengan membawa produksi sejalan dengan konsumsi.

Organisasi telah mengatakan pada akhir September bertujuan untuk memotong produksi antara 32,5 juta dan 33 juta barel per hari dibandingkan dengan rekor produksi baru-baru ini sekitar 33.800.000 barel per hari. Sejak itu, keraguan ditimbang apakah Arab Saudi dan Iran bisa menempatkan sengketa geopolitik mereka ke samping dan apakah negara-negara yang kesulitan keuangan karena harga minyak yang rendah akan menahan diri untuk memompa minyak mentah pada tingkat tinggi. Sementara batas pemotongan produksi OPEC keseluruhan dapat disepakati oleh 30 November, tidak jelas apakah kuota yang jelas per negara anggota akan ditetapkan. Beberapa negara, seperti Nigeria, Irak, Libya dan Iran, berpendapat mereka harus dibebaskan karena produksi mereka telah terpukul oleh konflik atau sanksi.

Pagi ini setelah pasar minyak tutup, telah dirilis persediaan minyak mentah mingguan AS oleh American Petroleum Institute (API) yang mencatat hasil penurunan dari 1.28 juta barel, menyusul kenaikan dari 3.65 juta minggu sebelumnya, dan memecahkan tiga kenaikan berturut-turut. Pasar memperkirakan sedikit penurunan dalam persediaan untuk minggu kurang dari 0.5 juta barel.

Jika sentimen optimis terus menguat akan mengangkat harga dan sebaliknya. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 48,50 -$ 49,00, sedangkan jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 47,50 - $ 47,00. Sebuah analis memprediksikan harga minyak mentah akan bergerak naik dengan menurunnya persediaan minyak mentah mingguan seperti yang dilaporkan API. Juga harga minyak akan dipengaruhi sentimen rencana pemotongan produksi OPEC yang direncanakan direalisasikan dalam pertemuan 30 November.