Harga Minyak Naik Tipis Mengantisipasi Kenaikan Pasokan



( 2016-12-19 03:52:09 )

Harga minyak dunia pada perdagangan hari ini mengalami kenaikan tipis dalam mengantisipasi pasokan minyak mentah lebih ketat yang akan terjadi pada tahun 2017 menyusul keputusan OPEC dan produsen lain yang akan memangkas produksi untuk menopang harga.

Seperti dikutip dari Reuters, pada hari Senin (19.12.2016), harga minyak brent diperdagangkan pada level USD55,41 per barel pada pukul 00.43 GMT, naik 20 sen atau 0,36% dari penutupan sebelumnya.

Sementara, harga minyak Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI) juga mengalami kenaikan sebesar 22 sen atau 0,42% ke level USD52,12 per barel. Para pedagang mengatakan harga minyak yang lebih tinggi pada bulan depan karena adanya ekspektasi pasar yang cukup ketat pada tahun depan.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen lain yang dipimpin Rusia telah mengumumkan pemotongan hampir 1,8 juta barel per hari (bph) dalam produksi minyak dari bulan Januari 2017 dalam upaya untuk meningkatkan harga untuk mengurangi kelebihan global yang merajalela yang telah melihat keluaran melampaui konsumsi selama lebih dari dua tahun.

"Investor sekarang mengharapkan tingkat yang relatif tinggi sesuai perjanjian penurunan produksi, harga harus didukung dengan baik. Beberapa kelemahan dalam USD juga membantu meningkatkan sentimen investor,".

Dolar telah kehilangan 0,8% terhadap beberapa mata uang utama lainnya saat posisi tertingginya pekan lalu sejak 2002. Pergerakan USD dapat memengaruhi permintaan minyak karena mereka memengaruhi harga bahan bakar untuk setiap negara menggunakan mata uang sendiri di dalam negeri.

Meskipun demikian, ada faktor yang membebani pasar, mencegah harga yang tetap relatif rendah dari kenaikan. Amerika Serikat yang tidak berpartisipasi dalam perjanjian untuk memangkas produksi, pengeboran untuk produksi baru telah meningkat selama tujuh pekan berturut-turut.

Pengebor menambahkan 12 rig minyak di pekan ke 16 Desember, sehingga total jumlahnya mencapai 510, tertinggi sejak Januari, meskipun masih di bawah jumlah tahun lalu yang sebesar 541 rig.