Kisruh Tambang Emas Terbesar di Dunia



( 2015-12-04 04:31:09 )

Berita tentang Freeport masih menjadi topik hangat hingga saat ini. Di tengah sengitnya sidang MKD terkait kasus Freeport, artikel yang berisi tentang tambang emas terbesar di dunia itu pun masih menjadi sorotan.

Freeport Indonesia masih berada dipuncak teratas untuk urusan tambang emas terbesar dunia. Selain dari artikel berita tentang Freeport, terdapat artikel tentang negara mana saja yang menjadi pesaing terberat Indonesia dalam persiapan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) nanti.

Indonesia pun masuk dalam daftar negara-negara yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia, perusahaan penghasil emas tersebut tak lain adalah PT Freeport Indonesia (PTFI). Bahkan Freeport memiliki tambang emas terbesar di dunia, dengan produksi mencapai 1,44 juta ounce pada tahun 2011.

Situs mengenai komoditas emas, Orobel merilis 10 tambang emas terbesar di dunia, yang di dalamnya terdapat tambang emas Papua. Dimana tambang tersebut adalah tambang emas Grasberg atau yang lebih dikenal dengan sebutan tambang emas Freeport, karena yang mengoperasikannya adalah perusahaan produsen emas, Freeport Mcmoran Copper and Gold, melalui usahanya PT Freeport Indonesia.

Freeport adalah tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga ketiga terbesar dunia yang berada di Indonesia. Diperkirakan ada 2,8 miliar ton cadangan di dalamnya. Di 2011, Freeport memproduksi 1,444 juta ounce emas.