Pemeriksa Setya Novanto dijadwalkan MKD Pada Hari Senin Pekan Depan



( 2015-12-04 07:39:55 )

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Junimart Girsang mengatakan, pihaknya akan memeriksa Ketua DPR Setya Novanto pada Hari Senin 7 Desember 2015.Soalnya muncul perdebatan tentang pemanggilan. Kita putuskan Senin MKD akan mengundang Pak Setya Novanto di persidangan MKD ini, ucap Juminart di Kompleks Parlemen.

Keputusan itu diambil saat rapat internal pemimpin dan anggota MKD selama masa skors sidang.Sudah dirapatkan internal, Senin memeriksa keterangan teradu, dia menambahkan.Perdebatan yang terjadi saat rapat internal, ucapan Junimart, hanya seputar jadwal pemeriksaan. Setya Novanto diperiksa pada Senin pagi.

Kita putuskan Pak Setya Novanto diperiksa pada jam 09.00 WIB. Tidak ada agenda buat besok, ucap Junimart. MKD memutuskan untuk memanggil Setya Novanto sebagai terlapor lebih dulu, dibandingkan pengusaha Riza Chalid sebagai saksi untuk mempersingkat waktu.

Kita akan memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Sambil mendengarkan keterangan terlapor, kita juga akan mengirimkan surat panggilan (Riza Chalid), ujar Wakil Ketua MKD Dasco Ahmad.Menurut politikus Partai Gerindra itu, waktu yang dimiliki MKD sangat terbatas. Bila menunggu Riza datang baru memanggil Setya Novanto, diperkirakan akan memakan waktu lebih lama lagi.

Karena kita juga mau melaksanakan pemilihan pemimpin KPK, Pilkada, reses. Kalau diundur lagi malahan yang ada tidak akan selesai, masyarakat marah dan tidak akan percaya lagi kepada MKD, ujar Dasco. Namun Dasco membantah, penundaan pemaggilan terhadap Riza karena ada tekanan pihak tertentu. Dia pastikan, keputusan diambil agar waktu yang sedikit ini bisa dimanfaatkan dengan baik, akhir ucapan Dasco.