Inflasi di Jakarta Tahun 2016 Tercatat Terendah dalam Lima Tahun



( 2017-01-04 04:22:32 )

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) di Jakarta mencatat bahwa inflasi bulan Desember cukup terjaga, untuk membuat inflasi Jakarta sepanjang tahun 2016 lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Inflasi Jakarta tahun 2016 sebesar 2,37% (yoy), jauh lebih rendah daripada rata-rata lima tahun sebelumnya sebesar 5,93% (yoy).

Bahkan inflasi Jakarta juga lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi nasional (3,02%, yoy). Terjaganya inflasi di bulan Desember yang hanya sebesar 0,27% (mtm), mendukung pencapaian inflasi 2016 secara keseluruhan yang rendah dan stabil.

Menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Doni P. Joewono mengatakan, bahwa lebih rendahnya inflasi Jakarta tahun 2016 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, terutama disebabkan oleh masih relatif terbatasnya tingkat permintaan masyarakat, akibat aktivitas perekonomian yang belum terlalu bergairah, baik di tingkat nasional maupun di Jakarta secara khusus.

Di satu sisi, rendahnya harga-harga komoditas energi dan transportasi, seiring dengan perkembangan harga minyak internasional yang rendah, turut memberikan andil kepada tarif transportasi yang rendah pula. Di sisi lain, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga terus berupaya untuk menjaga kestabilan harga pangan strategis, melalui perbaikan manajemen stok dan rantai pasokan pangan.

“Koordinasi pengendalian inflasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan Bank Indonesia dalam wadah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta yang cukup intens telah membawa inflasi bahan makanan yang relatif rendah, yaitu sebesar 5,31% (yoy), lebih rendah dari rata-rata lima tahun sebelumnya (8,53% yoy),” ujar Doni dalam keterangan resmi di Jakarta.

Bila dilihat dari dinamika bulanan, inflasi Jakarta pada bulan Desember 2016 bergerak stabil dibandingkan bulan sebelumnya. Pada bulan Desember 2016 inflasi Jakarta tercatat sebesar 0,27% (mtm), sedikit meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya (0,24 mtm). Namun capaian tersebut lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata lima tahun sebelumnya (0,63% mtm), dan juga lebih rendah dari nasional (0,42% mtm).