Pemerintah Inggris Sedang Yakinkan Para Investor



( 2017-01-16 05:50:59 )

Pemerintah Inggris sedang menyusun rencana untuk meyakinkan para investor di tengah spekulasi bahwa rencana ‘Hard Brexit’ dari Perdana Menteri Theresa May akan menyebabkan lebih banyak ketidakstabilan pasar.

Berdasarkan data Bloomberg, pejabat pemerintah berharap pound sterling akan menguat ketika PM May menetapkan visinya untuk meninggalkan Uni Eropa dalam pidatonya pada hari Selasa (17/01/2017).

Departemen Keuangan Inggris juga sedang bersiap melakukan pembicaraan dengan bank-bank besar di Inggris untuk memuluskan rencana tersebut.

Sebelumnya, mata uang pound sterling melemah setelah surat kabar Sunday Times pada hari Minggu melaporkan bahwa Perdana Menteri May mensinyalkan detil rencana Hard Brexit.

Perdana Menteri May mengatakan bahwa Inggris siap untuk meninggalkan perdagangan bebas dan pasar tunggal Uni Eropa, jika anggota lain tidak siap untuk memberikan kontrol penuh pada Inggris terkait masalah imigrasi.

Pejabat kantor Perdana Menteri menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal laporan surat kabar tersebut dan tetap meninggalkan berita tersebut sebagai sebuah "spekulasi".

Laporan tersebut datang di tengah tanda-tanda bahwa Inggris akan mengambil pendekatan yang lebih keras untuk Uni Eropa menjelang pembicaraan formal.

Sekretaris Brexit David Davis mengatakan Uni Eropa dapat gagal jika negosiasi tidak menghasilkan kesepakatan perdagangan baru yang kuat dengan Inggris.

Sementara itu, Menteri Keuangan Inggris Philip Hammond melayangkan ide radikal untuk mengubah model ekonomi Inggris. Hammond berjanji untuk melakukan "apapun yang harus dilakukan" untuk memastikan Inggris tetap kompetitif jika Eropa mengenakan tarif pada perdagangan dengan Inggris.

Kami tidak ingin Uni Eropa gagal, kami ingin makmur secara politik dan ekonomi, dan kita perlu untuk membujuk sekutu-sekutu kami bahwa kemitraan baru yang kuat dengan Inggris akan membantu Uni Eropa, tulis Davis dalam The Sunday Times, seperti dikutip Bloomberg.

Keluarnya Inggris dengan tidak baik akan menimbulkan banyak risiko terhadap stabilitas keuangan di Eropa, dan berpotensi lebih besar dalam jangka pendek, imbuhnya.