Fantastisnya Biaya Pelantikan Donald Trump



( 2017-01-20 08:13:33 )

Amerika Serikat melantik presiden di Gedung Capitol, Washington, DC. Pelantikan diawali dengan pembacaan sumpah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pidato, doa, dan puisi oleh sastrawan. Selain prosedur resmi di atas, elemen-elemen lain dalam pelantikan Presiden AS adalah makan siang bersama, parade ke Gedung Putih, serta pembuatan medali presiden.

Sesuai rencana, Jumat (20/1/2017) atau Sabtu (21/1/2017) dinihari WIB, Donald Trump akan diambil sumpahnya sebagai Presiden Amerika Serikat. Siapa kira ritual pengambilan sumpah yang akan berlangsung di Gedung Capitol itu menghabiskan dana besar, bahkan lebih mahal dibandingkan saat mantan Presiden AS Barack Obama saat disumpah.

Teranyar, beberapa perusahaan besar rela patungan untuk mendonasikan dananya guna kesuksesan acara yang dinantikan rakyat AS itu. Dana yang terkumpul mencapai Rp1,2 triliun

Jika melihat data tersebut, jelas pelantikan Trump melebihi yang dilakukan Obama. Pada pelantikan pertama, Obama hanya menghabiskan dana sekitar Rp732 miliar. Jumlahnya menurun menjadi Rp574 miliar ketika diambil sumpahnya kali kedua pada 2013 lalu.