IMF Angkat Estimasi Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Tahun 2017



( 2017-01-24 09:22:50 )

Walaupun menghadapi tantangan transisi menuju inovasi dan layanan yang didorong perekonomian yang lebih baik, Tiongkok pada tahun 2016 mendorong maju reformasi kunci dan mencapai pertumbuhan yang stabil, dengan banyaknya lembaga internasional dan bank optimis tentang prospek pertumbuhan Tiongkok tahun ini.

Didukung oleh belanja konsumen dan sektor jasa, GDP China tumbuh 6,8 persen pada kuartal keempat 2016 dan setahun penuh pertumbuhan PDB mencapai 6,7 persen. Tingkat pertumbuhan ekonomi pada tahun 2016 adalah sedikit melambat dari 6,9 persen yang terdaftar pada tahun 2015, tapi dalam target pemerintah antara 6,5 hingga 7 persen dan melampaui kebanyakan negara besar lainnya.

Dengan ekonomi global yang dihadapi ketidakpastian seperti proteksionisme perdagangan, Dana Moneter Internasional (IMF) pekan lalu merevisi perkiraan pertumbuhan Tiongkok untuk 2017 menjadi 6,5 persen, dari proyeksi 6,2 persen pada Oktober lalu, berdasarkan ekspektasi dukungan kebijakan lanjutan bagi perekonomian. “Kegiatan global dapat mempercepat lebih kuat jika kebijakan stimulus ternyata lebih besar dari saat ini diproyeksikan di Amerika Serikat atau Tiongkok,” demikian pernyataan pemberi pinjaman global yang berbasis di Washington dalam laporan update World Economic Outlook (WEO).

Proyeksi IMF sebagian besar konsisten dengan Bank Dunia, yang memproyeksikan laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok untuk 2017 tidak berubah pada 6,5 persen meskipun kelembutan permintaan eksternal dan kelebihan kapasitas di beberapa sektor.

Dalam laporan unggulannya “Prospek Ekonomi Global” yang dirilis awal bulan ini, Bank Dunia menurunkan proyeksi pertumbuhan global untuk 2017 tapi memproyeksikan laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok untuk 2017 tidak berubah pada 6,5 persen, karena ekonomi global yang diselimuti oleh ketidakpastian tentang kebijakan arah dalam ekonomi utama. Tampaknya banyak organisasi global dan bank investasi memprediksi sekitar 6,5 persen untuk pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada tahun 2017.

Kepala ekonom J. P. Morgan China Zhu Haibin meramalkan bahwa laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan melambat menjadi 6,5 persen pada tahun 2017, di bawah tekanan dari kelemahan dalam sektor real estate dan otomotif, agak diimbangi oleh kekuatan di jasa keuangan. Perekonomian berakhir pada catatan yang kuat pada tahun 2016, namun perlambatan aktivitas properti dapat menyeret pertumbuhan PDB turun menjadi sekitar 6,4 persen pada tahun 2017, meskipun investasi properti pada kuartal pertama mungkin tetap relatif kuat, UBS mengatakan dalam sebuah laporan pekan lalu.

Namun, pembuat kebijakan Tiongkok dihadapkan dengan serangkaian tantangan di tahun mendatang, seperti pertumbuhan kredit yang cepat, utang perusahaan yang tinggi dan meningkatnya tekanan inflasi, yang mungkin diperburuk oleh tekanan arus modal keluar dan ketidapkastian lingkungan eksternal.

Terus mengandalkan langkah-langkah stimulus kebijakan, dengan ekspansi kredit yang cepat dan kemajuan yang lambat dalam mengatasi utang perusahaan, terutama dalam pengerasan kendala anggaran perusahaan milik negara, meningkatkan risiko perlambatan tajam atau penyesuaian mengganggu, demikian peringatan IMF. “Pertumbuhan kredit yang meningkat, disertai dengan kenaikan harga perumahan yang cepat, merupakan tantangan penting,” demikian peringatan Bank Dunia.

Berdasarkan catatan UBS, kebijakan makro Tiongkok kemungkinan akan berusaha untuk menekan keseimbangan yang baik antara mendukung pertumbuhan dan mengendalikan risiko keuangan, dengan pertumbuhan kredit hanya sedikit melamah.