Harga Emas Yang Turun Dipicu Permintaan dari China



( 2017-01-25 05:19:51 )

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menutup perdagangan kurang mengggembirakan kemarin. Setelah mengalami kenaikan dalam beberapa sesi, harga emas ditutup turun.

Dolar yang naik tipis sedikit mempengaruhi pergerakan emas. Analis juga memperingatkan bahwa permintaan emas dari China akan sedikit melambat karena perayaan Tahun Baru China pada hari libur akhir pekan ini.

Harga emas turun Rp 3.000 per gram menjadi Rp 590 ribu per gram pada perdagangan Rabu (25/1/2017) ini. Kemarin Antam menjual emas di harga Rp 593 ribu per gram.

Harga pembelian kembali atau buyback juga turun Rp 3.000 menjadi Rp 517 ribu per gram. Artinya, jika Anda menjual emas yang Anda miliki, maka Antam akan membayar Rp 517 ribu per gram.

Harga emas mengalami kenaikkan dalam 4 pekan terakhir. Emas mulai bereaksi positif pada pernyataan Presiden Donald Trump, di mana dia keluar dari Trans Pacific Partnership dan akan melakukan renegosiasi Aerican Free Trade Agreement.

Selain karena kenaikan dolar yang membuat emas lebih murah untuk pemegang mata uang lain, penurunan harga emas ini juga dipengaruhi permintaan yang turun dari China.

"Dalam dua pekan terakhir, permintaan China telah mengarahkan harga emas naik, namun menjelang tahun Baru Lunar pada akhir pekan ini, kondisi akan berubah karena orang China akan berlibur," tutur Julian Phillips, Pendiri GoldForecaster.com.