Ekspor Akhir Tahun Jepang Meningkat, Hasilkan Surplus Perdagangan 4 Bulan Berturut



( 2017-01-25 09:16:07 )

Untuk pertama kalinya dalam 15 bulan pada bulan Desember, ekspor Jepang melaju tinggi terdukung oleh penjualan yang kuat dari elektronik dan bagian mobil, sebuah sinyal positif untuk ekonomi negara yang bergantung dengan ekspor ini bahkan saat proteksionisme AS mengancam untuk menekan perdagangan di seluruh wilayah dan permintaan eksternal.

Data yang diperlihatkan oleh Departemen Keuangan pada hari Rabu (25/01/2017) menunjukkan ekspor meningkat 5,4 persen tahun ke tahun pada bulan Desember, dibandingkan dengan 1,2 persen peningkatan tahunan yang diperkirakan para ekonom dalam jajak pendapat Reuters. Ini diikuti penurunan tahunan 0,4 persen pada November. Pengiriman dalam hal volume juga naik 8,4 persen dari tahun sebelumnya, naik untuk bulan kedua berturut-turut, menggarisbawahi kenaikan permintaan eksternal.

Data perdagangan menjadi kabar baik bagi Bank of Japan, yang terlihat menjaga pandangan optimis terhadap perekonomian terbesar ketiga di dunia ini di review kebijakan minggu depan pada prospek meningkatkan pertumbuhan global. Namun, kekhawatiran tentang proteksionisme di bawah Presiden AS Donald Trump telah meningkatkan ketidakpastian atas prospek saat ia secara resmi menyatakan Amerika Serikat mengundurkan diri dari kesepakatan perdagangan Trans-Pacific Partnership pada hari Senin, menjauhkan Amerika dari sekutu Asianya.

Namun, Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda pekan lalu menawarkan pandangan optimis pada ekonomi AS dan ekonomi dunia, menolak kekhawatiran bahwa proteksionisme bisa menyebar dan merusak perdagangan global. Optimisme Kuroda pada prospek pemulihan global menunjukkan BOJ akan mempertahankan perkiraan ekonomi dan harga optimis ketika dewan melakukan tinjauan kuartalan dari proyeksi pada 30-31 Januari.

Pada bulan Desember, nilai ekspor ke Amerika Serikat, mitra dagang terbesar kedua di Jepang, naik 1,3 persen tahun-ke-tahun, kenaikan pertama dalam 10 bulan yang dipimpin oleh pengiriman mobil dan suku cadang mobil, data MOF menunjukkan. Ekspor ke Tiongkok, mitra dagang terbesar Jepang, naik 12,5 persen pada Desember menjadi 1,3 triliun yen ($ 11440000000), dibantu oleh pengiriman suku cadang mobil dan peralatan elektronik.

Peningkatan ekspor ke kedua pasar utama AS dan Tiongkok adalah tanda positif bagi perekonomian didorong ekspor Jepang, dan harus membantu BOJ dalam pencariannya untuk mengalahkan tahun deflasi dan pertumbuhan lemah. Para analis mencatatkan penurunan yen pada akhir tahun lalu telah mendorong ekspor. Analis mengatakan bahwa yen bisa melemah ke 130 dolar pada akhir-2017, dibandingkan 113 pada perdagangan Rabu pagi, berarti neraca perdagangan akan bergerak ke defisit akhir tahun depan.

Data menunjukkan Impor turun 2,6 persen pada tahun ini hingga Desember, dibandingkan estimasi median untuk penurunan tahunan 0,8 persen, menghasilkan surplus perdagangan ¥ 641.400.000.000, sebagai 4 bulan berturut-turut surplus.