Dorong Daya Beli Masyarakat, Harga Gula Rp12.500 per Kg



( 2017-01-26 06:18:40 )

Peneliti Senior ekonom Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Latif Adam, mengungkapkan di tengah kinerja ekspor yang belum bisa diharapkan karena faktor ekonomi global, hal yang bisa memacu pertumbuhan ekonomi adalah mendorong konsumsi masyarakat.

Langkah produsen dan distributor gula untuk menetapkan harga di level Rp 12.500 per kilogram pun dinilai sebagai kebijakan tepat. Ini diyakini bisa menjadi solusi daya beli masyarakat yang tengah menurun.

“Salah satunya adalah dengan menciptakan stabilitas harga, pada akhrinya hal ini berkorelasi dengan daya beli dan konsumsi. Ini merupakan suatu hal yang baik dan perlu diapresiasi,” kata Latif di Jakarta, ditulis Kamis (26/1/2017).

Namun menurut Latif, penetapan harga patokan pun tak cukup untuk mejaga daya beli masyarakat. Menurutnya, ada faktor-faktor lain yang juga harus diperhatikan oleh pemerintah.

“Ada mekanisme pasar yang seharusnya lebih dari hanya sekedar mempertemukan produsen dan distributor. Ada faktor lain seperti spekulan, jaringan distribusi atau biaya logistiknya atau bagaimana menghubungkan daerah produksi dengan daerah konsumsi, itu juga perlu di beresi pemerintah,” ujarnya.