Aturan Hak Partisipasi 10% Disambut Antusias Daerah Penghasil Migas



( 2017-01-27 03:38:02 )

Pemerintah daerah (Pemda) menyambut antusias diterbitkannya Peraturan Menteri (Permen) ESDM dengan Nomor 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest 10% pada Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi (Migas). Permen ini ditanggapi dengan positif, lantaran diyakini mengatur dengan ketat dan jelas agar PI 10% memberikan manfaat bagi masyarakat dan Pemda setempat.

"Ini semua tidak lain agar daerah menikmati kekayaan migasnya, untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat," jelas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan seperti dilansir situs resmi Kementerian ESDM.

Participating Interest mencapai 10% (PI 10%) adalah besaran maksimal sepuluh persen participating interest pada Kontrak Kerja Sama yang wajib ditawarkan oleh Kontraktor kepada BUMD atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sesuai dengan pasal 34 Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, sejak disetujuinya rencana pengembangan lapangan yang pertama dari satu wilayah kerja, kontraktor wajib menawarkan PI 10% kepada BUMD.

Diterangkan Permen Menteri ESDM No.37/2016 memberikan kejelasan tentang ketentuan pelaksanaan penawaran PI 10 % kepada daerah serta memberikan batasan-batasan yang jelas yang dapat diikuti oleh semua pihak. Permen ini juga menjelaskan syarat yang harus dipenuhi oleh BUMD, ketentuan penawaran, tata cara penawaran, dan juga tata cara pengalihan PI 10%.

Menurut Jonan, daerah bisa saja mendapatkan saham lebih dari 10%, tapi itu sepenuhnya b to b. Yang mandatory adalah 10%. Untuk itu, Negara memfasilitasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah untuk memiliki participating interest pada suatu Wilayah Kerja Migas.

Sementara Gubernur Kalimantan Timur, yang bernama Awang Faroek, selaku Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) mengungkapkan bahwa antusiasme dan kegembiraannya atas keluarnya Permen ini, karena daerah penghasil sumber energi dapat menikmati sumber daya yang dimilikinya.

"Kami memberikan apresiasi kepada Bapak Presiden melalui Menteri ESDM yang telah mengeluarkan Permen 37 Tahun 2016. Permen ini sangat penting bagi daerah penghasil migas khususnya kami di Kalimantan Timur, sehingga daerah bisa bekerjasama dengan Pertamina dalam pengelolaan Blok Mahakam, tidak dengan swasta. Kami tidak kena bunga yang memberatkan karena 0% bunganya”, ungkap Awang.

Wakil Gubernur Jawa Barat yang bernama Dedy Mizwar juga mengungkapkan bahwa antusiasme yang besar terhadap Permen ini. “Dibanding dengan yang dulu, ini lebih baik karena PI 10% ditalangi dulu oleh partner utama tanpa bunga. Ini kebijakan yang luar biasa, kita tidak lagi menjadi penonton, hal ini cukup berkeadilan”, ungkapnya.