Senator Manny Pacquiao Menjalin Kerjasama Ekonomi Filipina dan RI



( 2017-02-08 07:33:44 )

Konsul Jenderal Republik Indonesia Davao City Berlian Napitupulu bersama staf telah melakukan pertemuan khusus dengan Senator Manny Pacquiao, petinju dunia, terkait Peningkatan Kerjasama Ekonomi Filipina-Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membicarakan upaya meningkatkan hubungan Indonesia dan Filipina khususnya perdagangan dan perhubungan laut antara General Santos City dan Glan dengan Manado.

"Saya yakin bahwa kerjasama dan perdagangan langsung kedua negara khususnya antara Filipina Selatan dengan Indonesia secara potensial akan segera meningkat dengan adanya rencana peluncuran jalur laut RoRo (Roll on-Roll off) Davao-Gensan-Bitung tahun ini," ucap Konsul RI Berlian, pada hari Senin (06.02.2017).

Senator Pacquaio sendiri menyatakan bahwa ia ingin membuka jalur laut antara General Santos dan Glan dengan Manado untuk meningkatkan arus perdagangan antara kedua wilayah tersebut. Dalam kesempatan yang sama, Konjen RI juga mengundang Senator Pacquiao untuk menghadiri dan berpartisipasi pada 1st Indonesian Food and Beverages Expo di Davao City pada tanggal 17-19 Maret 2017 atau salah satu dari kegiatan promosi yang akan dilaksanakan pada tahun 2017.

Konjen menjelaskan bahwa upaya-upaya yang sedang dilakukan KJRI Davao City untuk memajukan hubungan dan kerjasama Indonesia dan Filipina, antara lain melalui penyelenggaraan 10 kegiatan promosi dagang, culinary, kebudayaan dan pariwisata di Davao City, General Santos, Alabel Sarangani, dan Glan sepanjang tahun 2017. Konjen juga menyampaikan harapan agar lebih banyak perdagangan langsung antara kedua Negara, karena sebagian produk Indonesia di pasar Filipina masuk melalui Negara ketiga.

Sebagai tanggapan, Senator Pacquiao menyatakan sepakat untuk mendukung peningkatan kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua negara. Senator telah merencanakan untuk mengadakan perhubungan laut antara pelabuhan Glan dan Manado. Ia juga telah menyiapkan sebuah kapal untuk menghubungkan dan memfasilitasi perdagangan antara Glan dan Manado.

Pacquiao juga mendukung dibukanya jalur laut Davao - Gensan - Bitung. Senator memahami bahwa berbagai produk Indonesia masuk ke Filipina melaui negara ketiga sehingga harganya menjadi lebih mahal. Terkait dengan Expo dan kegiatan lainnya, Senator mendukung dan akan memasukkan kegiatan tersebut dalam agenda program yang bersangkutan.

Dalam kesempatan itu, Senator Pacquiao menyatakan keinginan untuk mengimpor langsung beberapa produk dari Indonesia antara lain, semen, bahan bangunan, produk agribisnis, serta produk jamu dan minuman energi yang dipromosikan langsung oleh PacMan -julukan Manny Pacquaio saat menjadi petinju dunia-. Yang bersangkutan menyatakan akan mengajak produk jamu dan minuman energi tersebut untuk ikut pameran dalam IFBE pada bulan Maret.