Para Pengusaha Tambang Akan Ikuti Aturan Penjamin Usaha



( 2015-12-11 08:52:42 )

Para pengusaha tambang di Indonesia mengaku siap mengikuti tata cara yang berlaku di Indonesia. Asosiasi pengusaha tambang, Indonesian Mining Association (IMA), berjanji untuk me‎ngikuti kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Ketua Umum IMA, Martiono Hadianto menuturkan, IMA ‎siap menjalani ketentuan yang telah ditetapkan Namun dengan catatan, kalau ketentuan itu bisa menjamin kelangsungan kegiatan usaha.

"IMA seluruh anggota kita yang telah memenuhi ketentuan berlaku selama ketentuan tersebut dapat menjamin kegiatan usaha," ujar Martiono.

Martiono juga menyesalkan, kebijakan Pemerintah sekarang ini memicu ketidaknyamanan bagi para pengusaha, hal itu menciptakan kegiatan bisnis menjadi tidak jelas. Contohnya mengenai undang-undang Mineal dan Batu Bara.

"Sekarang hal itu menimbulkan ketidakpastian," ujar Martiono.

Disamping itu, pada kesempatan yang sama ‎Martiono memperhitungkan, ‎saat ini pemerintah belum mempunyai keahlian mengawasi sektor pertambangan, hal itu terbukti dari masih banyaknya penyelundupan dan kerusakan lingkungan.

"Ketika terjadinya penyelundupan artinya apakah pemerintah tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pengawasan serta pengendalian, hal ini bertolakbelakang dengan prinsip izin," tandasnya.