Harga Minyak Dunia Melamah Sebesar 1 Persen



( 2017-02-17 09:01:36 )

Harga minyak dunia merosot hampir sebesar 1 persen pada perdagangan Kamis waktu setempat. Minyak melemah meski ada kesepakatan OPEC untuk memangkas produksi.

Dilansir dari laman Reuters, Jumat (17/2/2017), minyak mentah dunia sebelumnya naik setelah sumber mengatakan bahwa Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) atau negara-negara pengekspor minyak memperhitungkan untuk melanjutkan pengurangan pasokan minyak.

Tidak hanya untuk anggota OPEC saja, kesepakatan tersebut juga diikuti oleh Non anggota OPEC, dan bahkan bisa jadi dipangkas habis-habisan jika masih belum mencapai target yang sudah disepakati.

Harga minyak mentah acuan dunia, Brent turun sebesar 48 sen atau 0,9 persen ke level US$ 55,27 per barel.

Sementara untuk minyak mentah Amerika Serikat, West Texas Intermediate dijual seharga US$ 52,8 per barel, turun sebesar 26 sen atau sekitar 0,4 persen.

Harga masih tetap berada di kisaran angka US$ 50-an sejak OPEC dan eksportir minyak lain termasuk Rusia telah sepakat untuk melakukan pemangkasan produksi hingga 1,8 juta barel per hari, tahun lalu. Kesepakatan tersebut dimulai sejak 1 Januari selama 6 bulan setelahnya.