Laju Rupiah Hari ini Berpeluang Melemah



( 2017-04-07 02:37:57 )

Harapan terhadap pergerakan rupiah yang dapat menemukan momentum kenaikan tampaknya belum terwujud sampai saat ini. Sehingga, kembali membuka peluang mengalami pelemahan.

"Apalagi, dengan pergerakan USD kembali menguat setelah terimbas pelemahan EUR dan dapat mengimbangi laju JPY. Tetap mencermati berbagai macam sentimen terhadap rupiah," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas yang bernama Reza Priyambada di Jakarta, pada hari Jumat (07.04.017).

Dia memperkirakan, bahwa rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.362/USD dan resisten Rp13.316/USD. Sempat menguat tipis, laju rupiah kemarin kembali mengalami pelemahan.

Pelaku pasar kembali bereaksi negatif setelah melihat pergerakan dari EUR yang melemah pasca pernyataan ECB yang tidak akan mengubah kebijakannya dalam hal quantitative easing dan tingkat suku bunga rendah.

Padahal sebelumnya, laju rupiah berpotensi menguat dengan melemahnya laju USD dengan memfaktorkan pertemuan antara Presiden Xi Jinping dan Presiden Trump. Termasuk adanya proyeksi ADB terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Di mana pada tahun 2017 (pertumbuhan ekonomi Indonesia) sebesar 5,1% dan 5,3% di 2018 serta adanya berita kerja sama konstruktif antara Indonesia dan Afghanistan belum sepenuhnya direspons positif oleh rupiah," pungkasnya.