Ekonomi Kreatif Akan Membangun Perekonomian Nasional



( 2017-05-09 03:15:32 )

Selain memberdayakan masyarakat, produk-produk lokal dari sektor ekonomi kreatif juga ambil bagian dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Ekonomi kreatif (ekraf) sejak lima tahun terakhir terus mengalami kenaikan yang signifikan.

Meski belum bisa dikatakan signifikan, namun setiap tahun sektor ekraf setidaknya menyumbangkan 7,13% PDB terhadap total PDB nasional. Dari 16 subsektor ekraf, kuliner, fashion, dan kerajinan merupakan subsektor yang memberikan sumbangan nilai tambah tertinggi.

Tak hanya turut ambil bagian dalam membangun perekonomian nasional, sektor ekraf juga mampu menyerap setidaknya 13,90% dari total tenaga bekerja di Indonesia. Dari total 15.959.590 tenaga kerja yang bekerja di sektor ekraf (tahun 2015) 48,56% berada di sektor formal dan 51,44% berada di sektor informal.

Dalam kurun waktu antara tahun 2010-2015 ekraf mampu menyerap 1.611.957 tenaga kerja di Indonesia dan mengalami kenaikan PDB sebesar 10,14% tiap tahun.

"Ekonomi kreatif akan terus tumbuh apabila bangsa ini kuat. Jadi kuncinya kita harus menjaga nilai-nilai kebangsaan," ujar pengusaha nasional Pontjo Sutowo di Jakarta, pada hari Senin (08.05.2017).

Pontjo yang juga Ketua Aliansi Kebangsaan mengatakan, nilai Keindonesiaan penting untuk memperkokoh fondasi pembangunan nasional di bidang perekonomian dan lainnya. Dia mengaku prihatin bahwa saat ini masyarakat mengalami banyak perubahan. Nilai-nilai global telah masuk ke semua aspek kehidupan dan semakin memarjinalkan nilai lokal yang sesungguhnya sarat dengan muatan kebajikan (local wisdom).

Padahal, saat ini ancaman dari negara lain tidak lagi dalam bentuk agresi militer tapi lebih mengarah pada senjata baru yang bermanfaat bagi manusia. Seperti misalnya perdagangan, teknologi informasi, dan sistem keuangan (moneter).

"Jangan sampai suatu wilayah di Indonesia hilang akibat adanya serangan kekuatan ekonomi. Karena itu kekuatan bangsa ini penting untuk menjaga segala aspek, termasuk ekonomi kreatif yang sekarang sedang menjadi salah satu penopang perekonomian nasional," cetusnya.