Kemungkinan Kunjungan Presiden Rusia ke Indonesia



( 2017-05-24 02:51:07 )

Duta Besar Rusia Mikhail Y. Galuzin angkat bicara mengenai kemungkinan adanya kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin atau Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov ke Indonesia. Galuzin menyebut hal itu mungkin saja terwujud dan pihaknya sedang bekerja untuk merealisasikan hal tersebut.
Berbicara saat menggelar jumpa wartawan di atas kapal perang Rusia Varyag, yang tengah bersandar di Tanjung Priok, Jakarta, Galuzin mengatakan, tidak mudah untuk mendatangkan seorang Presiden ke sebuah negara. Dia menyebut, diperlukan pembicaraan dan persiapan yang serius dan panjang dari kedua pihak, dalam hal ini adalah negara Rusia dan Indonesia.
Menurut Galuzin, pihaknya sangat berterima kasih kepada Indonesia, karena Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan undangan kepada Presiden Putin saat keduanya bertemu di Sochi, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menyampaikan undangan kepada Lavrov untuk berkunjung ke Indonesia. Galuzin menyebut Rusia dan Indonesia saat ini sedang berusaha agar salah satu pejabat tinggi itu bisa memenuhi undangan Indonesia.
"Kami sedang mengerjakan hal ini sekarang. Kami sedang berusaha untuk mewujudkan pembicaraan pada level tinggi di antara kedua negara. Kami ingin menekankan pembicaraan pada tingkat Presiden yang harus dipersiapkan dengan sangat baik dan harus menghasilkan kerjasama yang siginifikan di seluruh bidang, dari politik, keamanan, perdagangan, ekonomi, budaya, hingga pendidikan. Maka dari itu kami usahakan saat ini dengan rekan-rekan Indonesia kami. Begitu kami memiliki informasi lebih lanjut, kami akan menyampaikannya," sambung diplomat senior Rusia tersebut pada hari Selasa, 23 Mei 2017.