Indonesia Akan Bahas Masalah Terorisme dengan Negara Sahabat



( 2017-07-21 03:04:39 )

Indonesia akan menggelar pertemuan dengan sejumlah negara sahabat dalam membahas masalah terorisme di kawasan. Pertemuan dengan tema "Sub Regional Cooperation Meeting on Fighting Terrorist Fighters and Cross Border Terrrorism" itu akan digelar di Manado, Sulawesi Utara pada 29 Juli 2017.
Negara-negara yang diajak pada pertemuan tersebut di antaranya Australia, Selandia Baru, Malaysia, Filipina, dan Brunei Darussalam. Indonesia akan diwakili Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Sementara negara lain akan diwakili menteri atau pejabat yang bertanggung jawab untuk masalah terorisme.
Pertemuan ini dilatarbelakangi pertemuan International Meeting on Counter Terrorism (IMCT) dan Counter Terrorism Financing (CTF) Summit, yang digelar tahun 2016 di Bali. Ini juga menyikapi perkembangan di kawasan beberapa tahun terkait mengenai masalah teroris.
Kemunculan kelompok teror group Maute yang berafiliasi dengan ISIS di Marawi, Filipina, kemungkinan akan dibahas pada pertemuan tersebut. Sementara itu, mengenai detail format pertemuan, agenda dan lainnya ditentukan Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan. Dari sisi hasil, pertemuan ini nantinya akan menghasilkan joint statement.