DPR Keras ke Pemerintah, Lunak ke Anggota



( 2017-08-15 03:09:03 )

Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti mengatakan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sangat keras jika mengkritik pemerintah. Namun sebaliknya, DPR justru sangat lunak kepada anggotanya.
Anggota DPR rajin komentar melalui media sosial. Terlihat dari tidak adanya postingan tweet Fahri Hamzah dan Fadli Zon kritik temannya, namun sebaliknya jika kritik Pemerintah mereka melakukannya dengan sangat kencang. Padahal, kata Ray, para pimpinan DPR tersebut punya tugas moral mengingatkan anggotanya yang tidak disiplin atau lainnya. Misal, anggota yang sering bolos sidang.
"Teman-temannya yang bolos rapat itu dong yang dikomentari. Kalau kritik ke luar saja minta ampun. Ini kegagalan DPR sekarang. Rajin keluar, berantakan di dalam," tukas Ray.
Harusnya, para wakil rakyat tersebut berkaca apakah kinerja membuat Undang-undang sudah maksimal atau belum. Kinerjanya adalah mengawasi anggaran Kementerian/Lembaga sudah benar atau belum. Mereka perlu fokus memperbaiki DPR. Ada tugas moral pimpinan DPR bagaimana memperbaiki kualitas DPR. Menurut Ray, sekarang kualitas UU turun eranya Fahri Hamzah dan Fadli Zon ini, jauh sekali. Dibanding dengan periode yang lalu. Mereka sibuk komentar di luar, lupa yang di dalam.