Jokowi Pidato 3 Kali di Sidang Tahunan MPR



( 2017-08-16 02:39:58 )

Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI akan digelar pada Rabu (16/8/2017). Sidang tahunan tak berdiri sendiri melainkan digelar bersama dengan dua agenda sidang lainnya, yakni sidang bersama DPR-DPD-MPR serta pidato Presiden dalam rangka penyampaian RAPBN 2018. Untuk tahun ini, DPD menjadi penanggung jawab penyelenggaraan sidang bersama DPR-DPD-MPR.
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang berharap acara dapat berjalan dengan baik. Ia mengatakan, proses sidang ini sudah 90 persen. Sisanya, 10 persen adalah persiapan tenaga kerja dan lain-lain. Jadi Insya Allah semua berjalan dengan lancar.
Adapun untuk rangkaian acara, akan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Diawali dengan rangkaian seremonial pembuka, selanjutnya acara akan diisi dengan pembukaan sidang tahunan oleh Ketua MPR RI Zulkilfi Hasan dan pidato Presiden Joko Widodo tentang kinerja lembaga negara.
Sementara itu, acara kedua yakni sidang bersama DPR-DPD-MPR akan dilaksanakan pukul 10.40 WIB. Dalam acara ini, Presiden juga akan menyampaikan pidato, yakni pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun RI.
Adapun acara terakhir merupakan sidang pidato Presiden dalam rangka penyampaian RAPBN 2018. Acara diawali pidato Ketua DPR RI Setya Novanto untuk pembukaan masa sidang I tahun persidangan 2017-2018 dan dilanjutkan pidato Presiden.
Puncaknya, adalah penyerahan RUU tentang APBN Tahun 2018 beserta nota keuangan dan dokumen pendukung pada Ketua DPR RI, Ketua DPD RI dan Ketua MPR RI.