Indeks S&P 500 Menguat Meski Terbebani Sektor Energi



( 2017-08-22 03:02:01 )

Wall Street pada perdagangan kemarin ditutup mixed alias variatif dengan Indeks S&P 500 dan Dow Jones menguat, sementata itu untuk Indeks Nasdaq Composite melemah. Bahkan S&P 500 naik meskipun harga minyak turun membebani sektor energi dan ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara membuat investor terdesak.

Seperti dikutip dari laman Reuters, pada hari Selasa (22.08.2017), Indeks Dow Jones Industrial Average naik 29,24 poin atau 0,13% menjadi 21.703.75, Indeks S & P 500 naik 2,82 poin atau 0,12% menjadi 2.428,37 dan Nasdaq Composite turun 3,40 poin atau 0,05% menjadi 6.213,13.

Pelaku pasar mulai mengalihkan fokus mereka ke pertemuan Federal Reserve di Jackson Hole, Wyoming akhir pekan ini yang akan dihadiri oleh Ketua Fed Janet Yellen, presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, dan bank sentral global lainnya.

Investor mencari arah lebih lanjut mengenai kemana arah kebijakan moneter yang diberikan secara terus-menerus atas rendahnya inflasi di AS dan Eropa. Wakil Ketua Fed yang bernama William Dudley yang sebelumnya mendukung kebijakan moneter akomodatif, awal bulan ini mengatakan bahwa pelonggaran baru-baru ini dalam kondisi keuangan, meskipun suku bunga Fed meningkat, merupakan alasan untuk mempertahankan rencana untuk memperketat kebijakan yang ada.

"Kami mudah-mudahan mendapatkan beberapa poin data lagi untuk melihat di mana Fed mengambil suhu mereka di tempat mereka merasakan ekonomi berada pada titik ini. Sehingga kita dapat mengantisipasi jika terjadi sesuatu pada kuartal keempat atau tidak," kata Wayne Wicker, kepala investasi di ICMA-RC di Washington.

Masalah geopolitik juga masih membebani sentimen investor. Amerika Serikat dan Korea Selatan memulai latihan militer gabungan musim gugur tahunan mereka pada Senin, meningkatkan ketegangan dengan Korea Utara, yang menyebut latihan ini sebuah langkah "ceroboh" menuju konflik nuklir.

"Masih belum adanya data ekonomi AS dan dengan pendapatan kuartal kedua hampir berakhir. Senin yang tenang dan orang-orang masih merasakan dampak minggu lalu, tidak hanya ada banyak katalis," kata Ian Winer, kepala Ekuitas di Wedbush Securities di Los Angeles.

Volume perdagangan berjangka saham AS turun selama dua jam sehingga orang meninggalkan kantor mereka untuk melihat sekilas gerhana matahari total pertama yang terungkap di seluruh negeri dalam hampir satu abad.

Sekitar 174.000 futures e-mini S & P 500 ESc1 berjangka berpindah tangan selama periode dua jam yang berakhir 3:30 malam. E.T. Pada Senin, turun sekitar 46% untuk periode yang sama tahun lalu.

Indeks energi S & P 500.SPNY turun 0,6% penurunan sektor unggulan di S & P 500, dengan harga minyak mentah AS turun 2,4% memberikan kembali kenaikan minggu lalu. Sementara indeks patokan S & P 500 masih naik 13,5% sejak pemilihan AS tahun lalu, indeks tersebut turun 2,1% dalam dua pekan terakhir. Itu yang paling banyak sejak dua pekan sebelum pemilihan.

Dow Jones berakhir di atas rata-rata pergerakan 50 hari setelah sempat jatuh di bawahnya selama sesi berlangsung, sementara S & P 500 tetap berada di bawah level teknis 50 hari.