S & P 500 Capai Rekor Tertinggi, Wall Street Ditutup Positif



( 2017-09-12 02:39:33 )

Wall Street pada perdagangan kemarin ditutup menguat dengan Indeks S&P 500 melonjak lebih dari 1% ke rekor tertinggi karena badai tropis Irma menyebabkan kerusakan yang lebih sedikit daripada yang diperkirakan di Florida, dan setelah Korea Utara tidak melakukan rudal uji coba selama akhir pekan kemarin yang ditakuti beberapa orang.

Seperti dikutip dari Reuters, pada hari Selasa (12.09.2017), Indeks Dow Jones Industrial Average naik 1,19% ke level 22.057,37 dan menjadi kenaikan satu hari terbesar sejak bulan Februari. Indeks S & P 500 menguat 1,08% menjadi 2.488,11 dan Nasdaq Composite .IXIC bertambah 1,13% ke level 6.432,26.

Semua sektor utama di Indeks S & P 500 naik, dipimpin oleh sektor keuangan, dengan perusahaan asuransi merespons seperti badai Irma, yang pernah menduduki peringkat sebagai salah satu badai paling kuat yang tercatat di Atlantik, kehilangan kekuatan.

Badai Irma menyebabkan banjir parah di banyak kota di Florida dan meninggalkan lebih dari 6 juta rumah dan bisnis tanpa kekuatan, namun kerusakan tampaknya kurang dari yang diperkirakan. Investor tampaknya cukup lega melihat kondisi tersebut, apalagi setelah Badai Harvey, yang kehancurannya diperkirakan akan melanda pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga.

Selain itu, ketegangan pada geopolitik mereda setelah Korea Utara tidak menandai hari pendiriannya pada hari Sabtu dengan peluncuran rudal jarak jauh lainnya, yang oleh Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya telah menguatkannya.

"Ini adalah risiko kembali pada situasi, orang akan kembali ke pasar. Untuk saat ini, ini adalah reli bantuan untuk hal-hal di kedua ujungnya - geopolitik dan cuaca yang cukup bijaksana," kata Neil Massa, ekuitas senior Manulife Asset Management di Boston.

Sektor keuangan di Indeks S & P 500 melonjak 1,74% dengan saham JPMorgan (JPM.N) mengalami kenaikan sebesar 2,18% dan saham perusahaan asuransi Travelers (TRV.N) naik 2,34%.

Dengan investor yang kurang khawatir dengan dampak Irma, saham perusahaan asuransi Universal Insurance Holdings (UVE.N) dan HCI Group (HCI.N) melonjak lebih dari 12%, sementara saham Heritage Insurance (HRTG.N) melonjak 21%.

Sejauh ini di tahun 2017, Indeks S & P 500 telah meningkat 10%. Ini diperdagangkan mendekati 17,6 kali pendapatan yang diharapkan, dibandingkan dengan rata-rata 10 tahun di 14,3, menurut Thomson Reuters Datastream.

"Penilaian tidak terlalu mengganggu saya. Saya tidak berpikir kita berada pada tingkat di mana valuasi itu sendiri akan menyebabkan koreksi," kata Tim Ghriskey, kepala investasi Solaris Group di Bedford Hills, New York.

Saham Apple (AAPL.O) naik 1,81% sehari menjelang peluncuran iPhone baru yang diharapkan, memberikan dorongan terbesar ke Nasdaq dan S & P 500. Saham Tesla (TSLA.O) melonjak 5,91% karena berita bahwa China sedang mempelajari kapan harus melarang produksi dan penjualan mobil menggunakan bahan bakar tradisional.

Selain itu, saham Teva (TEVA.N) melonjak 19% setelah produsen obat generik tersebut menunjuk seorang chief executive baru.