Delapan Saham Pilihan, IHSG Bakalan Menguat



( 2015-12-23 02:49:07 )

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Hal itu ditopang dengan bursa saham regional dan global mengingat saat ini cenderung minim sentimen.

Kepala Riset PT Koneksi Kapital, Alfred Nainggolan menuturkan IHSG berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Akan tetapi, penguatan IHSG terbatas lantaran bursa saham minim sentimen.

Alfred menilai, pergerakan IHSG lebih dipengaruhi bursa saham regional dan global. IHSG akan bergerak di kisaran 4.480-4.560 pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Aksi window dressing pun masih berlanjut hingga akhir tahun, ucap Alfred.

Sementara itu, Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya mengatakan IHSG sedang berusaha menguat untuk meraih level resistance di 4.560 dan support 4.474. Salah satu faktor pendukungnya dengan nilai tukar rupiah cenderung menguat terhadap dolar AS. Namun, kondisi harga minyak tertekan sehingga berdampak terhadap pergerakan IHSG.

Analis PT HD Capital Tbk, Yuganur Widjanarko mengatakan aksi pembelian pelaku pasar yang mulai optimistis setelah mendapatkan kepastian kenaikan suku bunga bank sentral AS sebanyak empat kali untuk 2016-2017. Hal itu mendukung penguatan IHSG. IHSG akan berada di kisaran support 4.450-4.320-4.270 dan resistance 4.570-4.650, ujar Yuganur.

Rekomendasi Saham
Yuganur memilih saham yang dapat diperhatikan pelaku pasar antara lain saham PT Astra International Tbk (ASII), PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

Sedangkan Alfred memilih saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM).

Rekomendasi Teknikal
Yuganur memilih saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang dapat dicermati pada Rabu pekan ini. Secara teknikal, konsolidasi dalam perbaikan saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk untuk akumulasi sehingga dapat melanjutkan kenaikan dalam jangka pendek dan menengah ke Rp 11.550.

Yuganur merekomendasikan saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) masuk di level pertama Rp 10.975, level kedua Rp 10.875, dan cut loss point Rp 10.775.