AUD/USD Catat Kenaikan Harian terbesar Dalam Setahun



( 2018-08-27 03:09:56 )

AUD mendapat kenaikan harian terbesar sejak Agustus 2017 karena dibantu oleh pelemahan Dolar AS setelah ketua Fed Jerome Powell memberikan pernyataan dovish akhir pekan lalu.
Dolar Australia mencatatkan penguatan cukup signifikan terhadap major currencies pada perdagangan hari Jumat pekan lalu, disokong oleh penguatan Yuan dan pelemahan Greenback akibat pernyataan bernada dovish yang dilontarkan ketua Fed, Jerome Powell akhir pekan lalu.
Rally Aussie cukup dominan terhadap Greenback seperti yang terlihat pada pair AUD/USD yang melonjak sebesar 1.1 persen pada hari Jumat,sekaligus menorehkan rekor kenaikan harian terbesar sejak 16 Agustus 2017. Mengingat tidak ada data ekonomi penting yang rilis pada hari Senin, maka fokus pasar kemungkinan akan tertuju pada China selama sesi Asia hari ini.
Pernyataan Dovish Powell Lemahkan Dolar AS Penguatan AUD pada hari Jumat pekan lalu sebenarnya sudah terjadi sejak sesi perdagangan Asia, saat Kisruh politik di Negeri Kangguru itu mulai pulih dengan terpilihnya Scott Morrison sebagai Perdana Menteri Australia baru, menggantikan Malcolm Turnbull. Saat itu, AUD/USD langsung melonjak dari level low harian 0.7237 hingga menutup perdagangan hari Jumat dengan berada di level 0.7324. Selain itu, pidato ketua Fed, Jerome Powell berdampak negatif bagi Greenback, ikut mendorong rally Dolar Australia akhir pekan lalu.
Kondisi saat ini sebagai cara bertahap menaikkan suku bunga, sebagai pendekatan FOMC untuk mengambil resiko. Saat tingkat Inflasi naik mendekati 2 persen, tidak terlihat ada tanda tanda yang jelas (inflasi) bisa melaju di atas 2 persen dan tampaknya tidak ada resiko terjadinya overheating.
Lalu apa Pendapat Ekonom? Pernyataan Jerome Powell akhir pekan lalu ditafsirkan bernada dovish oleh pasar, yang akhirnya menekan Greenback terhadap major currencies. Kepala Strategi Forex di National Australia Bank, Ray Attrill juga mengatakan bahwa pelemahan Greenback berdampak luas, membantu AUD melonjak dan bertahan di atas level 0.700.
Selain itu Attrill mengungkapkan bahwa Aussie mungkin akan mendapatkan dukungan dari rebound signifikan Yuan China yang diperdagangan di luar negeri (CNH). PboC mengatakan akan melanjutkan menggunakan ‘counter-cyclical’ factor saat menghitung tingkat referensi harian Yuan, sehingga hal itu akan menahan Yuan agar tidak anjlok terlalu dalam.
Pada saat berita ini ditulis, AUD melemah versus Greenback dan diperdagangkan pada level 0.7324 atau berada dekat harga open harian. Di samping itu rally Dolar Australia di awal pekan juga terlihat pada pair AUD/JPY, AUD/EUR dan AUD/GBP yang mencatatkan penguatan pada pukul 08:00 pagi waktu Sydney.