Eskalasi Perang Dagang Diprediksi Menarik IHSG ke Zona Negatif



( 2018-09-25 02:15:41 )

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak melemah pada perdagangan saham di hari Selasa (25.09.2018). Investor kini berharap adanya rekonsiliasi antara Amerika Serikat (AS) dan China dalam hal perdagangan.

"Di tengah pemberlakuan tarif oleh AS terhadap China, sentimen ini akan menjadi sentimen eksternal yang cukup berdampak bagi gerak IHSG," ujar salah satu Fund Manager yang bernama Suryo Narpati di Jakarta, pada hari Selasa.

Meski begitu, Suryo menjelaskan, bahwa ada kemungkinan bagi China tidak menyelesaikan konflik dagang dalam meja perundingan.

"Satu sisi, kemungkinan perang dagang ini juga bisa berlangsung lama. Pasalnya, China tak akan mengubah kebijakan domestiknya meski mendapat tekanan dari AS," ujarnya.

Suryo memprediksi IHSG mengindikasikan tren pelemahan di level support 5.937 dan resisten 5.977.

Menurut Analis yang bernama Nafan Aji juga meramalkan demikian. Sinyal potensi pelemahan IHSG cukup besar pada pergerakan indeks saham Selasa ini. IHSG bakal terproyeksi dalam rentang 5.823-5.987.

"Secara teknikal, indikasi pola grafik engulfing candlestick pada IHSG cukup memberi sinyal bahwa IHSG bakal bearish yakni melemah. Jadi potensinya bakal lanjutkan pelemahan," ujarnya.