Harga Minyak Bervariasi Menyambut Sanksi AS terhadap Iran



( 2018-11-06 02:30:22 )

Harga minyak bervariasi pada hari Senin usai turun dalam lima hari berturut-turut, karena Amerika Serikat (AS) secara formal telah mengenakan sanksi terhadap Iran tetapi memberikan pembebasan sementara kepada delapan negara yang memungkinkan mereka untuk tetap membeli minyak dari Iran.

Dilansir dari Reuters, sanksi tersebut adalah bagian dari upaya Presiden AS Donald Trump untuk mengekang program rudal dan nuklir Iran dan mengurangi pengaruhnya di Timur Tengah.

Pasar minyak telah mengantisipasi sanksi selama berbulan-bulan. Harga telah berada di bawah tekanan karena produsen utama, termasuk Arab Saudi dan Rusia, telah meningkatkan produksi mendekati rekor tertinggi, sementara untuk angka ekonomi yang lemah di China telah meragukan prospek permintaan.

Berita tentang keringanan sanksi dikenakan pada harga, kata analis. "Ada banyak pertanyaan tentang sanksi, tentang keringanan," kata Phil Flynn, analis di Price Futures Group di Chicago. "Ada beberapa keraguan bahwa sanksi akan memiliki gigitan yang awalnya dipikirkan oleh pasar."

Harga minyak mentah jenis Brent LCOc1 berjangka naik USD 34 sen menjadi USD 73,17 per barel. Kontrak berjangka minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) West Texas Intermediate (WTI) turun USD 4 sen menjadi USD 63,1 per barel.

Kedua patokan minyak telah merosot lebih dari 15 persen sejak mencapai tertinggi empat tahun pada awal bulan Oktober. Hedge fund telah memangkas taruhan bullish pada minyak mentah ke level terendah satu tahun.

Amerika Serikat telah memberikan pengecualian ke China, India, Yunani, Italia, Taiwan, Jepang, Turki dan Korea Selatan, yang memungkinkan mereka untuk terus membeli minyak Iran sementara, kata Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, Senin. Beberapa negara adalah pelanggan teratas anggota OPEC Iran.

Trump pada hari Senin mengatakan bahwa dia ingin memberlakukan sanksi terhadap minyak Iran secara bertahap, mengutip kekhawatiran tentang pasar energi yang mengejutkan dan menyebabkan lonjakan harga global.

Pejabat AS telah mengatakan tujuan sanksi akhirnya untuk menghentikan semua ekspor minyak Iran.

Pompeo mengatakan lebih dari 20 negara telah memotong impor minyak dari Iran, mengurangi pembelian lebih dari 1 juta barel per hari.

Sanksi telah merugikan miliaran dolar AS terhadap pendapatan minyak Iran sejak bulan Mei, Wakil Khusus AS untuk Iran Brian Hook mengatakan kepada wartawan pada panggilan pada hari Senin.

Iran mengatakan pada hari Senin akan mematahkan sanksi dan terus menjual minyak ke luar negeri. Kementerian luar negeri China menyatakan penyesalan atas langkah AS.

Produksi gabungan dari Rusia, Amerika Serikat dan Arab Saudi naik di atas 33 juta barel per hari untuk pertama kalinya pada bulan Oktober, naik 10 juta bph sejak tahun 2010, dengan ketiga pemompaan pada atau mendekati rekor volume.

Abu Dhabi National Oil Co berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi minyak hingga 4 juta bph pada akhir 2020 dan menjadi 5 juta bph pada 2030, katanya pada hari Minggu, dari output lebih dari 3 juta bph.

Data dari perusahaan analisis Kayrros menunjukkan produksi minyak mentah Iran secara luas tidak berubah pada bulan Oktober dari September, dengan barel masih memukul pasar bersama produksi tambahan dari Arab Saudi dan Rusia.