Laju Rupiah Stabil, IHSG Bakal Menghijau



( 2018-11-26 03:01:21 )

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bakal terkoreksi tipis selama sepekan ini. Meski demikian, Gerak IHSG pada perdagangan saham Senin (26/11/2018) ini diprediksi berpeluang menguat.
Menurut analis, laju IHSG pada hari ini akan diperdagangkan pada level 5.950-6.100. Diperkirakan tembus ke level 6.000, penguatan IHSG masih bersifat terbatas.
Katalis positif didapati dari nilai mata uang rupiah yang pergerakanya cukup stabil pada pekan ini. Sementara itu, investor diperkirakan akan melakukan aksi beli bersih (net buy) melihat harga saham tertentu menunjukan kecenderungan naik pada perdagangan hari ini.
Sentimen yang mempengaruhi yaitu rupiah masih stabil, dan besok investor asing saya prediksi akan net buy kembali setelah kemarin melakukan profit taking.
Sedangkan kemarin, demikian dia, investor menguji level 6.000 akankah kuat untuk menjadi support baru atau tidak. Hal ini tentu wajar secara teknikal sebab setiap support dan resistance baru akan mengalami pengujian sekitar tiga sampai lima hari.
Selain itu saya lihat ada aksi profit taking juga kemarin, jumlah nett sell kecil jadi bisa disimpulkan uptrend (potensi penguatan) masih akan berlanjut pada hari ini.
Di sisi lain, laju IHSG juga mengindikasikan optimisme pasar pada hari ini. Kondisi bullish pasar menurutnya akan mengerek IHSG naik pada pergerakan indeks.
IHSG diperkirakan melaju ke zona hijau di kisaran support dan resistance yaitu antara 5.975-sampai dengan 6.055.