Di Indonesia Nilai Investasi India US$32 Juta



( 2015-11-03 10:25:13 )

Salah satu tujuan terbesar investasi India di Asia Tenggara adalah Indonesia. Penyampaian perkembangan investasi India ke Indonesia kepada Wakil Presiden India Mohammad Hamid Anshari dinyatakan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Menurut Kepala BKPM Franky Sibarani, Selasa 3 November 2015, "untuk periode Januari-September 2015 investasi India di Indonesia, mencapai US$32 juta, atau naik 44 persen, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$23 juta.


Franky mengatakan, “Investasi India di Indonesia, mayoritas di sektor pertambangan, perdagangan dan reparasi, serta listrik, gas dan air”. Dia menambahkan, India dan Indonesia merupakan negara yang memiliki persamaan sejarah dan memiliki peran strategis terhadap masa depan kawasan. Selain itu, kata Franky, India merupakan negara yang memiliki kompetensi dalam hal teknologi informasi dan berbagai sektor jasa. “Potensinya sangat besar. Dengan nilai ekonomi kedua negara mencapai US$10 triliun, kerja sama investasi kedua negara masih belum mencerminkan angka yang optimal,” ujarnya.


Oleh karena itu, Franky menilai, perlu langkah-langkah untuk mengoptimalisasi nilai investasi dari Indonesia. Beberapa hal yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan layanan investasi adalah peluncuran pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pusat, layanan investasi tiga jam, dan persiapan layanan izin investasi izin kontruksi.


“Untuk India sendiri, salah satu rencananya adalah terkait mendirikan kantor perwakilan BKPM, yakni Indonesia Investment Promotion Center di salah satu kota di India. Hal ini sedang kami persiapkan,” ujarnya. Seperti diketahui, dari data yang dirilis BKPM dalam lima tahun terakhir nilai izin prinsip yang dicatatkan mencapai US$3,2 miliar. Sebagian besar dari komitmen investasi tersebut, berada di fase pipeline dan belum merealisasikan investasinya ke Indonesia. Sedangkan dari data yang dipublikasikan oleh Financial Times, Indonesia merupakan salah satu tujuan terbesar investasi India di Asia Tenggara dengan prosentase mencapai 57 persen dari total investasi India di Asia Tenggara.