Bappebti Berharap Perdagangan Berjangka Komoditi Menjadi Unggulan



( 2016-01-20 09:15:37 )

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sangat berkeinginan perdagangan berjangka komoditi dapatr menjadi andalan pada pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Hal itu dikarenakan Indonesia merupakan salah satu negara penghasil komoditi terbesar yang dibutuhkan oleh banyak negara.

Sekretaris Bappebti Marthin Simanungkalit‎ mengatakan beberapa jenis komoditi unggulan Indonesia seperti kopi, sawit, kakao dan karet.

"Kopi asal Indonesia menempati nomor tiga, sedangkan sawit kita menempati produksi teratas yaitu 26 juta metrik ton per tahun," jelasnya di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Dia menyampaikan, dengan adanya perdagangan berjangka komoditi memberikan banyak keuntungan. Perdagangan berjangka komoditi menjadi sarana lindung nilai serta pembentukan harga yang transparan. "‎Alternatif investasi yang sangat dibutuhkan bagi usaha," terang dia.

Akan tetapi dia mengaku, pada praktiknya perdagangan berjangka komoditi masih belum optimal. Porsi yang digarap masih sangat kecil. Padahal, terdapat potensi yang sangat besar khususnya dalam perdagangan multilateral. "Karena itu jadi tugas kita semua untuk membangun‎," tandas dia.