Kelemahan Produk UKM Indonesia



( 2015-11-05 08:33:38 )

Menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong, salah satu kelemahan produk usaha kecil dan menengah (UKM) adalah promosi. "Kita masih punya kelemahan," paparnya.


Dia mengatakan, terdapat dua kelemahan produk UKM Indonesia, yaitu promosi dan kemasan. Yang pertama, disebutkan promosi UKM Indonesia masih kalah dibandingkan negara lain. Kedua pengemasan produk UKM kurang menarik. "Saya mau titip pesan kepada Bapak dan Ibu. Yang mesti fokus itu promosi dan kemasan. Kalau secara fundamental, mutu dan konsistensi produk sudah lumayan," paparnya.


Kemendag menggelar pameran Pangan Nusa 2015. Acara yang digelar pada 5-8 November ini merupakan rangkaian penutup safari pameran produk dalam negeri dan pameran pangan nusa di Bukittinggi, Solo, Gorontalo. Ada 275 gerai yang disediakan yang terdiri atas 133 gerai pameran pangan nusa dan 142 gerai pameran produk dalam negeri. Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Srie Agustina, "Pesertanya ada 300 UKM dari 34 provinsi, termasuk UKM binaan dinas UKM Provinsi DKI Jakarta, juga beberapa daerah."


Bukan hanya memamerkan produk-produk dalam negeri, Pangan Nusa 2015 ini juga memamerkan produk unggulan Indonesia, seperti kopi, jamu, dan teh.