Usai Ketentuan Suku Bunga Tetap The Fed Harga Emas Menguat



( 2016-01-28 07:50:43 )

Usai Federal Reserve AS mengucapkan sedang mengontrol pertumbuhan ekonomi dan keuangan global dan mempertahankan suku bunga tetap seperti yang diinginkan, harga emas berbalik positif dan bertambah ke posisi tertinggi 12-minggu pada hari Rabu. Harga emas spot melonjak 0,03 persen pada $ 1,124.80 per ons, tertinggi sejak 3 November, sesudah diperdagangkan jatuh 0,5 sebelum pernyataan Fed.

Menghadapi ketetapan Fed untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah untuk saat ini, investor berspekulasi pada salah satu perkembangan tarif seperempat poin pada tahun 2016 daripada empat yang pelaksana kebijakan Fed isyaratkan dalam perhitungan ekonomi Desember mereka. Usai pengurangan 10 persen pada tahun 2015, tahun ketiga dari defisit, emas mempersembahkan manfaat dari guncangan di pasar ekuitas dan kegelisahan mengenai pelambatan ekonomi di Tiongkok, yang memberikan bantuan untuk mengangkat harga sebanyak 6 persen bulan ini.

Saham Wall Street berganti arah lebih rendah dan defisit dolar diperdalam terhadap sekeranjang mata uang. Menyurutnya dolar membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya. Seorang analis di Argonaut Securities, Helen Lau, jika melihat permintaan di Asia, maka diperkirakan impor emas Tiongkok untuk tetap kuat karena lonjakan permohonan musiman mendekati liburan Tahun Baru Imlek di bulan Februari.

Padahal harga perak spot naik 0,1 persen menjadi $ 14,47 per ons, harga platinum jatuh 0,2 persen menjadi $ 878,50, begitu juga dengan harga paladium jatuh 0,1 persen berada di $ 496,50. Sebuah Analis Center memperkirakan harga emas berpotensi menguat terbatas dengan ketentuan The Fed mempertahankan suku bunga AS tetap.