Emas Menuju Penguatan Mingguan di Bawa Dari Hasil FOMC Minutes



( 2015-11-06 04:57:18 )

Meski sesi perdagangan sebelumnya Emas sempat melemah tipis terutama saat sebelum rilisnya hasil FOMC Minutes, namun emas kembali bangkit terhadap Dollar AS pada hari ini(9/10) akibat Notulensi rapat moneter Federal Reserve yang bernada dovish semakin menghapus kepastian akan naiknya suku bunga pada pertemuan FOMC Desember mendatang.

Perlu diketahui selama ini emas terus tertekan akibat ekspektasi kenaikan The Fed rate sehingga sempat anjlok ke titik terrendah 2015 yang berada di level 1077.16 pada 24 Juli silam. Namun secara perlahan harga logam mulia tersebut terus menguat dan stabil di atas 1100 USD/Troy Ounce.

Data hasil Notulensi Rapat FOMC yang rilis hari kamis kemarin mengambarkan kecemasan dari petinggi Bank Sentral AS terhadap tingkat Inflasi yang masih terlalu rendah dan jauh dibawah target. Para pembuat kebijakan masih ingin memantau perkembangan lanjutan dan dampak yang akan ditimbulkan dari perlemahan ekonomi global terhadap keadaan ekonomi makro AS.

Memang pada pertemuan FOMC sebelumnya, sebagian besar anggota setuju untuk menaikkan suku bunga The Fed pada akhir tahun nanti, namun itu sebelum terjadi rilis data data ekonomi AS yang begitu mengecewakan belakangan ini. Setelah dovishnya hasil rapat FOMC tersebut tentu akan mempengaruhi keputusan yang akan mereka ambil pada pertemuan selanjutnya.

Pasca Hasil Notulensi Rapat FOMC Dovish Membuat Emas Melejit Beberapa data ekonomi penting AS yang rilis dalam beberapa waktu terakhir ini telah memberikan petunjuk kepada pelaku pasar bahwa kondisi perekonomian Negara Adidaya tersebut masih rapuh dan belum sekuat yang mereka bayangkan selama ini, apalagi kondisi lemahnya ekonomi kembali di pertegaskan oleh hasil Notulensi rapat FOMC yang bernada dovish, sehingga harga emas saat ini terus naik dan akan mencatatkan penguatan mingguan sebesar 1.32 persen, memangkas pelemahan 0.7 persen pada minggu sebelumnya.

Saat berita ini ditulis emas semakin kokoh dan berada pada level 1152.33 USD per Troy Ounce, melejit 1.17 persen untuk sesi perdagangan hari ini saja atau menguat sebesar 13.58 dollar. Sesaat lagi anggota FOMC, Dennis Lockhart dijadwalkan akan menyampaikan pandangannya terhadap hasil FOMC Minutes dan akan diikuti oleh Charles Evan pada dini hari nanti. Komentar Hawkish dari keduanya bisa menjadi beban bagi emas untuk menguat.