Kemerosotan USDJPY Berkepanjangan Pada Pagi Ini



( 2016-02-09 03:29:50 )

Pada pergerakan pasar mata uang di hari Selasa (09/02), Yen terlihat mengalami penguatan terhadap dollar AS dan beberapa mata uang mayor lainnya disaat terjadinya kenaikan pasokan dana di wilayah Jepang, meskipun permohonan Greenback sedang berlanjut mendapati desakan. Berjalannya perdagangan di sesi Asia, pasangan USDJPY terpantau mengalami kemerosotan sebanyak 0,21% pada level 115.60. Terhadap mata uang mayor lainnya, pasangan EURJPY menurun yang berada pada level 129.28, begitupun dengan pasangan GBPJPY yang juga menurun 0,31% pada level 166.66.

Dalam sebuah berita resmi yang dirilis oleh Bank Sentral Jepang mengatakan bahwa persiapan uang domestik Jepang alami peningkatan sebesar 3.1% di bulan Januari seusai naik 3% pada bulan Desember. Sementara itu, Greenback masih terlihat dibayangi oleh tekanan dampak melambatnya perkembangan lapangan pekerjaan di wilayah AS. Menurut berita resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja mengatakan bahwa Nonfarm Payrolls AS hanya berkembang sebesar 151K di bulan Januari dimana lebih rendah dari bulan sebelumnya yang melambung sebanyak 262K.

Walau demikian, kemerosotan yang dialami oleh Greenback masih dibatasi dampak memburuknya angka klaim pengangguran di wilayah AS. Dalam sebuah laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik Tenaga Kerja mengatakan bahwa tingkat pengangguran AS telah berkurang, yang disesuaikan secara musiman menjadi 4,9% di bulan Januari.

Selain itu, animo pasar pada pekan ini telah tertuju akan berita pidato Bank Sentral AS Janet Yellen, yang mana diperkirakan akan memberikan guncangan pergerakan. Di akhir pekan nanti atau tepatnya pada hari Jumat besok, laporan PDB Jerman, penjualan ritel dan harga impor AS akan turut hadir dalam meramaikan keadaan ekonomi dunia.