Usai Pengumuman Yellen, Harga Emas Melonjak



( 2016-02-11 04:03:03 )

Usai pernyataan Ketua Federal Reserve AS, Janet Yellen, yang menyebutkan bahwa perlu adanya penyelarasan kebijakan moneter yang bertahap dan menegaskan bahwa perlambatan global dapat merugikan perkembangan AS, harga emas stabil akan tetapi masih di bawah level tinggi 7,5 bulan pada hari Rabu. Dalam keterangan pertamanya ke Kongres sejak peningkatan suku bunga Desember, Yellen mengatakan bahwa penyempitan situasi keuangan dan ketidakpastian akan Tiongkok mencetuskan risiko untuk pemulihan AS, tapi kemungkinan kecil The Fed akan mengembalikan siklus penyempitan tarif.

Sebuah perlambatan peningkatan suku bunga dapat menyokong mengangkat emas, menjaga menurunkan anggaran kesempatan untuk menahannya. Harga emas spot membaik dari kemerosotan sebelumnya melambung 0,5 persen menjadi $ 1,193.80 per ounce, tidak jauh dari tertinggi 7,5 minggu Senin di $ 1,200.60. Harga emas berjangka AS untuk pengiriman April jatuh 0,3 persen pada $ 1,194.60 per ounce.

Kemungkinan emas akan terangkat lebih tinggi pada kecemasan susulan di pasar ekuitas global, kelemahan dollar, segi teknis bullish dan kenaikan pembelian investasi bulion, ucap analis INTL FC Stone Edward Meir. “Dia secara metaforis menerangkan bahwa Maret tidak akan melihat peningkatan suku bunga tetapi dia juga secara metaforis menerangkan harapannya bahwa data cukup melonjak dan angka tersebut tidak akan menjadi nol pada tahun ini”, kata Rob Haworth, strategi investasi senior untuk manajemen US Bank Wealth di Seattle.

Selepas perkataan Yellen, Indeks saham di seluruh dunia rebound sementara dollar AS mereda terhadap sekeranjang mata uang mayor akan tetapi tetap di atas level terendah hampir empat bulan Selasa. Harga emas reli telah menekan permintaan dari pembeli fisik logam, kata para pedagang, sementaa top konsumen Tiongkok liburan Tahun Baru Imlek. Harga di India terpuruk ke rekor potongan rendah dengan dealer berusaha untuk menarik pembeli dengan mempromosikan rekor diskon sampai $ 25 per ounce dari patokan harga London.

Dalam logam mulia lainnya, perak spot melambung 0,1 persen pada $ 15,25 per ounce setelah mencapai tertinggi tiga bulan dari $ 15,45 pada hari Senin. Spot platinum amjlok 0,09 persen menjadi $ 933,00 per ounce, sementara paladium melonjak 1,93 persen menjadi $ 523,21. Initial Jobless Claim akan dirilis malam nanti yang diindikasikan melemah dari hasil sebelumnya. Jika terealisir akan dapat menguatkan dollar AS. Yellen pun masih akan bertemu dengan kongres AS pada malam ini.