Yen Menguat Terhadap Dollar AS



( 2016-03-01 04:27:45 )

Dollar AS terpantau menurun terhadap Yen Jepang pada pergerakan pasar mata uang hari Selasa (1/03), setelah dirilisnya sebaris laporan fundamental ekonomi Jepang pagi ini. Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, pasangan USDJPY terpantau anjlok 0,42% di level 112.21. pada index dollar AS, yang menunjukkan performa greenback terhadap mata uang mayor lainnya terpantau anjlok 0,15% di level 98.13.

Permintaan greenback terpantau memburuk ditengah animo pasar tengah tertuju kepada hasil laporan kebijakan Bank Sentral Australia yang dijadwalkan akan dirilis pada pukul 10.30 waktu Jakarta. Sedangkan di akhir pekan nanti pasar tengah mengharapkan laporan pasar tenaga kerja AS yang berguna untuk mengukur kembali langkah kebijakan oleh The Fed di bulan Maret ini.

Laporan fundamental Jepang pada pagi ini masih belum dapat memajukan dollar AS mendapat penguatan terhadap Yen. Menurut laporan resmi yang dirilis oleh Biro Statistik mengatakan bahwa belanja rumah tangga di Jepang telah turun 3,1% di bulan Januari usai menghadapi penurunan 4,4% di bulan Desember. Di saat yang sama, Biro Statistik juga mengabarkan bahwa tingkat pengangguran di Jepang telah menurun menjadi 3,2% di bulan Januari dari 3,3% di bulan Desember.