Pasar Perdagangan Emas Kemarin



( 2016-03-11 03:45:25 )

Pada pasar perdagangan Kamis pagi kemarin, pasar emas mengalami lebih banyak tekanan kegiatan ambil untung setelah peningkatan yang besar dari harga emas yang mencapai ketinggian selama 13 bulan pada pekan lalu. Hal yang membuat metal berharga berada pada posisi bearish adalah indeks dolar AS yang naik lebih tinggi dan harga minyak mentah yang sedikit lebih rendah, dengan Nymex berjangka April berdiam tepat diatas $38.00 per barel. Emas Comex bulan April terakhir diperdagangkan naik $5.00 per ons di $1,262.50.

Pada sesi siang harga emas diperdagangkan naik sedikit usai mengalami rebound yang besar dari kerugian tajam yang dialami pada pagi harinya. Mata uang Euro menurun tajam dan indeks dolar AS mencatatkan rally yang kuat dengan pengumuman pergerakan kebijakan moneter mengendurkan dari European Central Bank. Emas, sebaliknya mengalami kemerosotan harga yang tajam ke terendah dalam sesi tersebut.

Namun, ketika presiden ECB Mario Draghi melancarkan konferensi persnya dan mengatakan nada yang kurang ‘dovish’ dari kebijakan moneter ECB, mata uang Euro dan indeks dolar AS dengan cepat mengalami pembalikan arah pergerakannya. Indeks dolar AS anjlok pada sesi siang sementara mata uang Euro diperdagangkan naik lebih tinggi. Pasar emas, pada bagiannya telah mengalami rally ke ketinggian harian pada perdagangan tengah hari.