Presiden Jokowi Resmikan Program Ekonomi Rakyat di Desa Bawang Brebes



( 2016-04-11 03:42:26 )

Hari ini, Presiden Joko Widodo akan meresmikan program "Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat" di Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes.

Jokowi yang dijadwalkan tiba di Brebes pukul 11.00 WIB siang ini akan meresmikan beberapa program dari beberapa kementerian, khususnya untuk program yang berhubungan dengan peningkatan akses ekonomi bagi para nelayan dan petani di Brebes.

Di Desa Larangan, Jokowi akan memantau desa percontohan implementasi peningkatan ekonomi kerakyatan mulai dari penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), leasing alat pertanian, Laku Pandai, kemudahan sertifikasi tanah pertanian, koperasi petani, gudang terpadu Bulog, hingga e-commerce komoditas bawang merah.

Acara peresmian ekonomi kerakyatan yang dilakukan Jokowi ini bersamaan dengan masa panen bawang merah di Kecamatan Larangan. Larangan tercatat sebagai kecamatan dengan produksi bawang merah terbesar di Brebes, dengan hasil produksi sebesar 1.004.856 kuintal, dari total 3.759.742 kuintal produksi bawang merah Kabupaten Brebes di tahun 2015.

Selain melakukan kunjungan ke desa percontohan ekonomi kerakyatan, Presiden Jokowi juga diagendakan akan meninjau perkembangan proyek tol Pejagan Pemalang, dan gudang Bulog di Cimohong, Brebes.

Sejumlah menteri juga ikut mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri BUMN Rini Soemarno, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.