Investor Sudah Siap Hadapi Kenaikan Suku Bunga AS



( 2016-06-14 07:49:04 )

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan, investor sudah siap jika Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) menaikkan suku bunganya atau Fed rate bulan ini. Direktur Penilaian BEI Samsul Hidayat menerangkan, para investor tersebut sudah melakukan perhitungan terkait naiknya Fed rate.

Mestinya ini sudah berita lama bahwa The Fed kecenderungan menaikkan suku bunga. Seharusnya persiapan investor sudah matang dan mereka sudah kalkulasi, ucapnya di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Samsul menambahkan kebijakan yang akan diambil The Fed tersebut juga bakal mempengaruhi suku bunga di Indonesia. Namun, pengaruh untuk investor asing lebih ke nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

Sebenarnya kalau di kita dengan tingkat suku bunga saat ini di Indonesia. Tentu pengaruhnya lebih ke asing kalau mereka meningkatkan itu ke currency sebenarnya, sambungnya.

Dampaknya lanjut dia, para investor itu akan melarikan dananya dari Tanah Air jika nilai tukar rupiah merosot terlalu jauh setelah Fed rate naik. Pasalnya pemodal asing berinvestasi menggunakan USD.

Artinya, keputusan investasi, pemodalnya akan cenderung untuk keluar jika devaluasi rupiahnya terlalu jauh. Mereka kan investasi di sini dalam USD jadi mereka terpengaruhi dengan harga saham sama currency, ucap Samsul. Menurutnya, para investor asing akan lebih cenderung memilih mengeluarkan uangnya dari Indonesia. Mereka diyakini tidak mau membeli USD dengan harga tinggi.

Jadi kalaupun mereka misalnya nanti harus beli USD tinggi dalam rupiah, maka mereka lebih baik keluar lebih awal jika mereka memprediksi nilai tukar rupiah akan turun, pungkasnya.